Partai Perindo Dorong KPU-PPATK Usut Aliran Dana Kampanye untuk Transparansi Pemilu

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:45 WIB
loading...
Partai Perindo Dorong KPU-PPATK Usut Aliran Dana Kampanye untuk Transparansi Pemilu
Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Perindo menyoroti dugaan dana mencurigakan yang masuk ke dalam rekening bendahara partai politik menjelang Pemilu 2024. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Menurutnya, masalah ini harus menjadi perhatian serius dan penting untuk segera dilakukan investigasi mendalam terkait lonjakan dana yang mencurigakan ini.

Keterbukaan dan transparansi dalam mengetahui sumber serta tujuan dari dana tersebut akan sangat penting untuk menjaga integritas dan kejujuran proses Pemilu.

"KPU harus terus berkoordinasi dan bekerja sama secara intensif dengan PPATK untuk memperoleh detail lebih lanjut mengenai asal usul dana yang tercurigai ini," kata Ferry Kurnia di Jakarta, Selasa (19/12/2023).



Menurutnya, meskipun PPATK telah memberikan informasi terkait aliran dana tersebut kepada KPU, namun kekurangan informasi detail mengenai sumber dan penerima dana tersebut menghambat upaya untuk menentukan keaslian aliran dana tersebut sebagai bagian dari dana kampanye.

Oleh sebab itu, kata Kang Ferry sapaan akrabnya, meminta KPU terus berkoordinasi dan bekerja sama secara intensif dengan PPATK untuk memperoleh detail lebih lanjut mengenai asal usul dana yang dicurigai.

"Informasi yang lebih spesifik akan membantu dalam menentukan langkah selanjutnya," tegas Caleg DPR RI dari Dapil Jawa Barat 1 ini.

Selain itu, KPU perlu menegaskan bahwa segala bentuk aliran dana yang melanggar ketentuan akan ditindak dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Hal ini merupakan upaya penting untuk menjaga proses Pemilu agar berjalan secara adil dan bebas dari praktik-praktik yang merusak demokrasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3152 seconds (0.1#10.140)