Jelang Libur Nataru, Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan Tol hingga Pelabuhan

Rabu, 20 Desember 2023 - 08:10 WIB
loading...
Jelang Libur Nataru, Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan Tol hingga Pelabuhan
Kakorlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi sejumlah titik yang akan mengalami kemacetan selama mudik serta liburan Nataru. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah titik rawan kemacetan akan menjadi fokus Korlantas Polri , termasuk di kawasan rest area jalan tol yang akan dilalui oleh para pemudik atau wisatawan dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini dikatakan oleh Kakorlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan.

Kata Aan, pihaknya sudah mengantisipasi terkait adanya sejumlah titik yang akan mengalami kemacetan selama mudik serta liburan Natal dan Tahun Baru.

"Kami sudah mengantisipasi kemacetan baik itu yang akan terjadi di jalan tol, jalan arteri maupun penyeberangan," kata mantan Wakapolda Banten ini, Selasa (19/12/2023).

"Semua sudah kita antisipasi bersama stakeholder yang ada. Seperti di jalan tol diperkirakan akan terjadi beberapa trouble spot, menjadi tempat terjadinya kemacetan seperti rest area karena akan jadi tempat peristirahatan, makanya kami sudah antisipasi," tambahnya.



Aan menyebutkan, kawasan rawan kemacetan di tol Cikampek menuju Cipali ada di KM 87 dimana ada bottle neck, dari semula tiga lajur menjadi dua lajur dan kemungkinan akan terjadi kemacetan. Sebagai langkah antisipasi, akan dilakukan kontra flow di sana.

"Kami sudah mempersiapkan kontraflow satu lajur, dua lajur sampai tiga lajur sesuai kebutuhan. Kalau untuk one way masih tentative, mungkin kalau volume kendaraan sudah sangat tinggi baru kami berlakukan," jelasnya.

"Itu semua sudah kita simulasikan, termasuk mengadakan pembatasan kendaraan angkutan barang,atau sumbu tiga ke atas kita batasi mulai tanggal 22-24 desember dan arus balik 2-27 begitu juga pada Tahun Baru," sambungnya.

Sementara untuk jalan arteri, Aan juga menuturkan, kalau akan terjadi trouble spot akibat pasar tumpah, spot-spot kampanye Pemilu 2024 dan bottle neck.

"Tapi semua sudah diantisipasi dan kami sudah menyiapkan beberapa antisipasi cara bertindak seperti melakukan pengalihan arus, buka tutup hingga contra flow sebidang, one way sudah kami lakukan semua. Kita akan mengajak dinas perhubungan setempat untuk koordinasi dari pusat hingga daerah," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)