Kiai Imam Jazuli Minta Semua Alumni Manut Ponpes Lirboyo Dukung AMIN

Selasa, 19 Desember 2023 - 16:37 WIB
loading...
Kiai Imam Jazuli Minta Semua Alumni Manut Ponpes Lirboyo Dukung AMIN
Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia, KH Imam Jazuli. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pengasuh Utama Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur telah resmi menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Dukungan disampaikan KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi dalam Forum Silaturahim Keluarga/Dzurriyah di Aula Muktamar Ponpes Lirboyo, Sabtu (16/12/2023) pekan lalu.

Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia, KH Imam Jazuli, yang merupakan alumnus Lirboyo menyatakan tegak lurus dengan ulama dan ikut arahan kiai agar seluruh alumni Lirboyo ikut mendukung pasangan AMIN di Pilpres 2024.

"Dalam tradisi pesantren nurutlah sama kiai, saya kalau dibilang cerdas, insyaAllah lah cerdas, belajar filsafat sampai ke Al-Azhar Mesir, saya belajar politik sampai ke Malaysia. Urusan politik sekali pun kalau sudah kiai saya dawuh, saya tidak pernah tuh (berbeda) ketika Kiai Lirboyo membikin surat Alumni Lirboyo harus mendukung sia A," kata Kiai Imam Jazuli, Selasa (19/12/2023).



"Sudah selesai, nggak pernah saya berbeda, misalnya saya dipanggil sama Kiai Lirboyo, apa jawaban saya, 'iya kiai, sami'na wa atho'na', saya akan mendengar suka atau tidak suka saya lebih memilih sam'an wa tho'atan, kalau saya tidak setuju saya diam, tidak berani saya bertolak belakang," ujar Kiai Imam Jazuli.

Kiai muda berpengaruh asal Cirebon, Jawa Barat ini menegaskan dirinya tidak mungkin lari dari ulama. Sebab tradisi di pesantren menuntut seorang murid harus patuh dan tegak lurus dengan kiai meski pencapaian murid tersebut sudah banyak.

"Kenapa? saya tidak mau lari dari ulama, lari dari ulama tuh bukan menjauh secara fisik tapi menjauh secara misi dan visi. Tapi orang-orang pesantren itu dididik seperti itu, saya lurus saja ikut Lirboyo, saya tidak mau lari dari ulama kita," katanya.

Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia saat ini memiliki ribuan santri dengan sebaran wilayah hampir merata di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Kiai Imam Jazuli, manut dengan perintah kiai adalah sebuah akhlak yang harus selalu dipegang teguh oleh santri.



"Betapa menyakitkannya kalau didengar sama kiai kita, itu Imam Jazuli di Cirebon ternyata mendukung beda dari kita, sakit kiai kita nih hatinya. Coba punya murid berkhianat kepada gurunya. Kan menyakitkan, maka ikut aja dah, ikutin nak suka atau tidak suka, kenapa karena kita tidak mau yafirruna minal ulama, yang paling kita takutkan bukan hanya Kiai membenci kita tapi yarfa'ullahi al barakata min kasbihin, diangkat nih keberkahannya dari hidup kita karena menyakiti guru kita, karena tidak ikut arahannya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)