Pesan Gus Dur yang Selalu Diingat Mahfud MD: Berani Berjuang dan Jujur

Minggu, 17 Desember 2023 - 17:48 WIB
loading...
Pesan Gus Dur yang Selalu Diingat Mahfud MD: Berani Berjuang dan Jujur
Mahfud MD. Foto/Dok MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden Mahfud MD menyebutkan pesan dari Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang selalu diingatnya. Dalam video sambutan Haul ke-14 Gus Dur, Mahfud menyebutkan pesan yang dimaksud adalah kejujuran dan keberanian.

"Gus Dur selalu mengatakan kalau kamu jujur kamu akan berani, kalau kamu tidak jujur pasti kamu tidak berani atau kamu berani tapi tidak jujur pasti akan membahayakan orang lain," kata Mahfud dalam video yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd, Minggu (17/12/2023).

Cawapres nomor urut 3 itu melanjutkan, Gus Dur berpesan kepada dirinya untuk selalu berjuang menegakkan keadilan dengan berpegang teguh pada kejujuran.



Gus Dur, kata Mahfud, menyebutkan kejujuran dan keberanian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. "Kata Gus Dur, 'kamu harus berani berjuang tapi juga harus jujur, orang tidak jujur itu pasti tersandera sehingga mungkin tidak akan berani. Orang jujur juga kalau tidak berani ya tidak akan memberi manfaat barangkali ya bagi masyarakat, mungkin manfaat bagi dirinya sendiri, dia jujur tapi tidak punya keberanian, berani dan jujur itu dua hal yang tidak bisa dipisahkan'," ujarnya.

Diketahui, Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meninggal dunia pada 30 Desember 2009. Saat Gus Dur menjadi Presiden pada Oktober 1999 hingga Juli 2001, Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Hukum dan Perundang-undangan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)