Momen Ganjar Ziarah ke Makam Syekh Quro Penyebar Agama Islam di Karawang

Jum'at, 15 Desember 2023 - 16:16 WIB
loading...
Momen Ganjar Ziarah ke Makam Syekh Quro Penyebar Agama Islam di Karawang
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Syekh Quro di Kompleks Masjid Agung Karawang, Jumat (15/12/2023). Foto/TPN
A A A
KARAWANG - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Syekh Quro di Kompleks Masjid Agung Karawang , Jumat (15/12/2023). Kedatangannya tersebut sekaligus menjalankan salat Jumat di masjid tersebut.

Tampak, kedatangan Ganjar di Masjid tersebut disambut oleh para jamaah. Mereka silih berganti bersalaman dengan capres yang diusung oleh Partai Perindo tersebut.

Sebelum berziarah ke makam penyebar agama Islam di Karawang itu, Ganjar terlebih dahulu menjalankan salat Jumat. Ganjar berada di barisan paling depan, tepat di belakang imam saat salat Jumat.

Ganjar terlihat khusyuk menjalankam kewajiban sebagai umat Islam. Tampak Ganjar mengenakan kemeja putih polos dan peci hitam.

Setelah salat Jumat usai, dia pun langsung diantar menuju makam Syekh Quro yang masih berada di dalam kawasan Masjid Agung Karawang.

Untuk informasi, Syekh Quro memiliki peran penting sejarah penyebaran Islam di Karawang pada abad ke-14. Masyarakat Karawang meyakini Syekh Quro datang bersama para santrinya, yakni Syekh Abdul Rohman, Syekh Maulana Madzkur, dan Nyai Subang Larang ke Pulau Jawa pada abad ke-14.

Mereka datang dengan menumpang kapal yang dipimpin Laksamana Cheng Ho yang tengah dalam perjalanan menuju Majapahit. Dalam pelayarannya itu, armada Cheng Ho mendarat di Pura Karawang.

Syekh Quro beserta para santrinya pun turun di Karawang dan menetap di sana. Selama di Karawang, ia menyebarkan agama Islam dengan mendirikan Pondok Pesantren bernama Pondok Quro yang artinya tempat untuk belajar Al-Qur'an, pada 1418 M.



Di kalangan masyarakat Karawang, makam Syekh Quro berada di dua lokasi yang berbeda. Pertama di Kompleks Masjid Agung dan satunya di Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)