Profil Brigjen Pol Aan Suhanan, Lulusan Akpol 1988 yang Kini Jabat Kakorlantas Polri

Jum'at, 15 Desember 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Semasa Aan menempati jabatan sebagai Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, ia pernah meraih pin emas dalam perayaan Hari Lalu Lintas ke-64 pada tahun 2019 terkait prestasinya sebagai tim kelompok kerja (pokja) yang berhasil merumuskan sekaligus menerapkan layanan inovasi bernama Samsat Online Nasional yang tergelar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya pada 2020, Aan menduduki jabatan Kabagprogar Rojianstra SOPS Polri dan Dirsamapta Korshabara Baharkam Polri, kemudian pada tahun 2021 ia menjabat sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Saat mengemban tugas menjadi Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri sejak Tahun 2021, Aan berhasil membantu dalam mensukseskan kegiatan nasional maupun internasional di antaranya, pengembangan dan penguatan ETLE untuk memberikan kepastian hukum dan melindungi masyarakat dari ancaman kecelakaan.

Aan juga terus berinovasi membangun dan mengembangkan penegakan hukum berbasis IT, ETLE menyeluruh ke Polda di Indonesia sesuai arahan Kapolri.

KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo dan KTT AIS di Bali Tahun 2023 ia dipercaya menjadi Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pengamanan dan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir (Pamwalrolakir).

Pada Operasi Ketupat 2023, Aan Suhanan ditugaskan menjadi Kasatgas keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas). Ia melakukan peninjauan Kamseltibcarlantas arus mudik dan pada saat arus balik Idul Fitri 2023 Aan berpatroli menggunakan motor patroli jalan raya (PJR) menyusuri ruas arteri Cirebon, lanjut situasi oneway di ruas Tol Cipali Palimanan, dan kondisi arus di ruas Tol Cisumdawu hingga Cileunyi.

Ia juga melakukan pemantauan di pusat K3I Ops Ketupat 2023 Command Center PJR Km 29 dan meninjau secara langsung baik di jalur arteri maupun jalur tol, salah satunya di Km 47 Jakarta-Cikampek guna memastikan rekayasa lalu lintas contra flow dan mengurangi kepadatan lalu lintas saat musim arus mudik dan balik Lebaran.



Pada tahun 2021 dan 2022, Aan dipercaya menjadi Kasatgas 3 Operasi Lilin untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas Natal dan Tahun Baru. Di sela-sela kesibukan, Aan juga masih menyempatkan diri untuk menekuni hobinya yakni bersepeda.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)