BPKH Bakal Bentuk 10.000 Pos Pendaftaran Haji hingga ke Pelosok Negeri

Jum'at, 15 Desember 2023 - 01:29 WIB
loading...
BPKH Bakal Bentuk 10.000 Pos Pendaftaran Haji hingga ke Pelosok Negeri
Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan pihaknya akan membentuk 10.000 pos pendaftaran haji. Foto/MPI/widya michella
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berencana memperluas pos pendaftaran haji hingga ke pelosok Nusantara. Tak tanggung-tanggung, BPKH akan menyiapkan 10.000 pos pendaftaran calon jemaah haji.

Salah satu langkah untuk mewujudkan rencana tersebut, BPKH menggelar Hajj Expo 2023 dengan tema “Closer Partnership, Stronger Together in Sustainable Hajj Finance”. Kegiatan tersebut digelar di Gandarai City Mall, Jakarta, 14 - 15 Desember 2023.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan pihaknya akan membentuk 10.000 pos pendaftaran haji dengan 4.500 pos pendaftaran akan didukung oleh jaringan PT Pos Indonesia di seluruh Indonesia mulai tahun depan. Rencananya 10.000 pos pendaftaran calon jemaah haji ini, tak lepas dari adanya 17 juta calon Jemaah haji yang mampu secara istithaah kesehatan dan keuangan.



“Kita akan membuka 10.000 pos pendaftaran bank haji dari seluruh Indonesia ini akan menjadi target kita. Masyarakat langsung bisa daftar haji di sana, akan dibantu oleh petugasnya di sana nanti juga bisa setoran awal bahkan bisa dapat porsi haji,"ujar Harry usai membuka kegiatan Hajj Expo 2023 di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Selain didukung oleh bank-bank syariah dan PT Pos Indonesia, ribuan pos pendaftaran haji juga akan menyasar pada toko-toko ritel di berbagai daerah. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Kemenag setempat demi memberikan setoran awal untuk naik haji.



"Kalau jauh kita akan bekerja sama dengan ritel-ritel di sana. Intinya di mana pun ada jemaah haji. Jangan sampai enggak daftar karena enggak ada akses pada lokasi tertentu sangat sayang karena ini kewajiban mereka,"ucapnya.

Bahkan BPKH kata Harry berencana untuk merekrut agen-agen di pelosok negeri. Hal ini guna menjangkau seluruh umat Islam di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam berhaji.

"Bahkan kami sedang membuat strategi yang di pinggir hutan pun harus bisa terjangkau salah satunya (contoh) agen BRI, brilink ada agennya di mana-mana. Ini contoh menarik yang kita pelajari betul-betul dari teman-teman BRI untuk bisa menjadi agen-agen untuk pendaftaran haji,"katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2884 seconds (0.1#10.140)