Tingkatkan Konektivitas Antardaerah, Jokowi Resmikan 3 Terminal Bus

Kamis, 14 Desember 2023 - 06:10 WIB
loading...
Tingkatkan Konektivitas Antardaerah, Jokowi Resmikan 3 Terminal Bus
Presiden Jokowi meresmikan tiga terminal bus sekaligus, yakni Terminal Tipe A Tingkir di Salatiga, Jawa Tengah; Terminal Anak Air, Padang, Sumatera Barat; dan Terminal Paya Ilang Aceh Tengah, Aceh pada Rabu (13/12/2023). FOTO/SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan tiga terminal bus di Salatiga, Jawa Tengah; Padang, Sumatera Barat; dan Aceh Tengah, Aceh pada Rabu (13/12/2023). Presiden berharap keberadaan sarana dan prasaranan transportasi publik itu bisa meningkatkan konektivitas antardaerah.

Tiga terminal yang diresmikan Jokowi adalah Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga; Terminal Paya Ilang, Aceh Tengah; dan Terminal Anak Air, Padang. Peresmian ketiganya dilakukan di Terminal Tingkir, Kota Salatiga.

"Pembangunan sarana dan prasarana transportasi ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antarkota, antardaerah, dan mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat," kata Jokowi dalam sambutannya.



Presiden menilai sarana dan prasarana transportasi publik tersebut akan sangat dirasakan manfaatnya saat menghadapi lonjakan penumpang. Ia memberikan contoh salah satunya saat menjelang libur hari raya dan tahun baru.

"Kalau pas enggak banyak penumpangnya nggak terasa, tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa seperti saat libur hari raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini," katanya.

Jokowi mengungkapkan, Terminal Tipe A Tingkir yang berada di Kota Salatiga menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp34,8 miliar dengan 235 layanan bus per hari, baik antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota dalam provinsi (AKDP).

"Kemudian Terminal Paya Ilang di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh dibangun dengan biaya Rp22 miliar, melayani AKAP dan AKDP sebanyak 91 bus per hari. Dan Terminal Anak Air di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat dibangun dengan dana Rp94,8 miliar melayani 109 bus per hari," ungkapnya.



Menurut Jokowi, ketiga terminal yang diresmikan sangat modern dengan sejumlah fasilitas pendukung. Dirinya menyebut sejumlah fasilitas tersebut menjadikan fungsi terminal tidak hanya untuk naik dan turun penumpang saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)