Nawawi Sangat Berharap Jokowi Pimpin Upaya Pemberantasan Korupsi

Selasa, 12 Desember 2023 - 10:31 WIB
loading...
Nawawi Sangat Berharap Jokowi Pimpin Upaya Pemberantasan Korupsi
Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan. Foto: Tangkapan Layar YouTube KPK
A A A
JAKARTA - Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango berharap Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan. Dia menilai peran Jokowi dibutuhkan dalam mengembalikan peningkatan pemberantasan korupsi.

“Kami di KPK berharap sangat agar Bapak dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan,” jelasnya dalam pidatonya di acara puncak Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Nawawi mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja memilih tema ‘Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju’ pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023. Menurut Nawawi, sinergi antarseluruh lembaga untuk memberantas praktik korupsi di Indonesia perlu diperkuat.





“Melalui peringatan Hari Antikorupsi Sedunia kali ini, sengaja kami mengambil tema Sinergi untuk Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju. Karena kami merasa sinergi antarsemua elemen bangsa perlu diperkuat,” kata Nawawi.

Ia menilai, pemberantasan dan pencegahan korupsi tidak bisa dilakukan hanya melalui aspek kelembagaan atau dengan pembentukan lembaga/unit kerja baru, atau hanya aspek regulasi melalui penerbitan UU, PP, Perpres, dan selanjutnya, atau hanya bersandar pada kinerja aparat penegak hukum.

Melihat situasi belakangan ini, Nawawi pun berharap Jokowi dapat mendorong kembali segala upaya untuk pemberantasan korupsi di Indonesia, demi masa depan generasi kita.

“Sinergitas gerak dari seluruh elemen bangsa harus kembali dipimpin untuk bergerak maju. Sekali lagi bukan hanya sinergi antaraparat penegak hukum saja, tetapi juga sinergi antarpemerintah dengan masyarakat, dengan dunia usaha,” ungkapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)