Gelar Operasi Lilin, Kapolri: 129.923 Personel Gabungan TNI Polri Amankan Libur Nataru

Senin, 11 Desember 2023 - 18:59 WIB
loading...
Gelar Operasi Lilin, Kapolri: 129.923 Personel Gabungan TNI Polri Amankan Libur Nataru
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut sebanyak 129.923 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Nataru. Foto/MPI/binti mufarida
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut sebanyak 129.923 personel gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Operasi Lilin akan digelar mulai 20 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Polri tentunya mempersiapkan operasi untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pengawalan terkait dengan rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru dengan melaksanakan Operasi Lilin yang kita laksanakan mulai dari 20 Desember sampai 2 Januari. Kegiatannya melibatkan kurang lebih 129.923 personel baik Polri TNI maupun seluruh stakeholders terkait,” ungkapnya di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Khusus terkait dengan persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, kata Sigit, pihaknya telah melakukan beberapa kajian dan mempersiapkan langkah-langkah di lapangan khususnya rapat koordinasi bersama dengan kementerian terkait. Pasalnya, diperkirakan akan ada 107,6 juta masyarakat yang akan melakukan mobilisasi saat Nataru.



“Akan ada kegiatan pergeseran masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan libur Nataru kurang lebih ada 107,6 juta masyarakat yang tentunya ini harus kita kelola dengan baik sehingga di dalam proses perjalanannya betul-betul bisa berjalan aman dan lancar,” katanya

Sigit menyebut, pada libur Nataru kali ini diperkirakan akan ada dua kali puncak arus balik dan mudik yakni, menjelang Natal dan menjelang malam Tahun Baru.

“Tentunya kita akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan contra flow sampai dengan one way dan ini tentunya kita sudah memiliki rumus traffic counting yang kemarin sudah kita coba pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)