Ferry Kurnia Perindo Ingatkan 11 Panelis Debat Capres-Cawapres Harus Objektif dan Netral

Senin, 11 Desember 2023 - 10:29 WIB
loading...
Ferry Kurnia Perindo Ingatkan 11 Panelis Debat Capres-Cawapres Harus Objektif dan Netral
Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah merespons 11 panelis yang akan terlibat dalam debat capres-cawapres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah merespons 11 panelis yang akan terlibat dalam debat capres-cawapres 2024. Ferry menilai keterlibatan panelis dengan latar belakang akademis yang kuat di bidangnya diharapkan dapat membawa perspektif luas dan mendalam terkait isu-isu penting dalam pemilihan presiden mendatang.

"Namun, perlu dicatat bahwa para panelis juga harus memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah objektif, netral, dan relevan dengan isu-isu aktual yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia," kata Ferry Kurnia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/12/2023).

Menurut Kang Ferry, sapaan akrabnya, dalam menyusun pertanyaan, panelis juga harus menjaga independensi dan netralitas dari sudut pandang politik atau kepentingan pribadi. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses debat memberikan manfaat maksimal dalam memberikan informasi kepada publik dan membantu mereka dalam membuat keputusan cerdas dalam pemilu.





Ferry yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) ini juga menekankan pentingnya pertanyaan relevan dan substansial, dapat menggali informasi jelas tentang visi dan rencana capres serta cawapres terkait berbagai isu yang dihadapi Indonesia saat ini.

"Semoga partisipasi mereka dalam debat dapat memberikan kontribusi positif dalam menyampaikan pandangan yang beragam dan relevan untuk kepentingan publik," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 11 nama panelis yang akan berperan dalam debat perdana calon presiden dan wakil presiden Pilpres 2024. Komisioner KPU August Mellaz mengatakan bahwa panelis yang dipilih adalah individu yang kompeten di bidangnya.

Berikut adalah daftar lengkap 11 panelis yang akan terlibat dalam debat capres-cawapres 2024:

1. Mada Sukmajati (Pakar Ilmu Politik UGM)
2. Rudi Rohi (Pakar Ilmu Politik)
3. Universitas Nusa Cendana Kupang/Undana)
4. Lita Tyesta (Ahli Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro/Undip)
5.Khairul Fahmi (Pakar Hukum Universitas Andalas/Unand)
6. Agus Riewanto (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret Surakarta/UNS)
7. Susi Dwi Harijanti (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Padjadjaran/Unpad)
8. Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Hukum di Universitas Jember/Unej)
9. Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017-2020)
10. Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga)
11. Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Selain panelis, KPU juga mengumumkan dua nama moderator yang akan memandu debat perdana Pilpres 2024. Moderator ini adalah Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)