Kiai dan Santri Dukung Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid: Bukti Kedekatan dengan Pondok Pesantren

Minggu, 10 Desember 2023 - 03:03 WIB
loading...
Kiai dan Santri Dukung Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid: Bukti Kedekatan dengan Pondok Pesantren
Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Yenny Wahid menghadiri acara silaturahmi kebangsaan di Pondok Pesantren (Ponpes) Qashrul Arifin, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Sabtu (9/12/2023) malam. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Partai Perindo Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat dukungan dari ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Qashrul Arifin, Ploso Kuning, Ngaglik, Kabupaten Sleman. Selain para santri dari ponpes pimpinan KH Ruhullah Taqi M atau Gus Taqi ini, sejumlah kiai berbagai ponpes di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mendukung pasangan nomor urut 3 tersebut.

Para kiai ini juga turut hadir dalam Silaturahmi Kebangsaan yang digelar di Ponpes Qashrul Arifin, yang dihadiri putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid . Yenny merasa dukungan dari para santri dan kiai itu menunjukkan kalangan ponpes dan kalangan santri punya kedekatan dengan pasangan Ganjar-Mahfud.

Dia juga merasa karena melihat latar belakang keluarga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. "Pak Ganjar misal Bu Atikoh itu memang dari kalangan pesantren. Mbahnya itu pimpinan pondok pesantren," ujar dia.



Selain keluarga dari Ganjar Pranowo juga kalangan santri, sudah bukan rahasia lagi bahwa Mahfud MD itu pastinya seorang santri. Tentu hal ini menunjukkan pasangan nomor urut 3 ini bagian tak terpisahkan dari ponpes.

Dari kedekatan inilah langsung terlihat ada keterikatan dari kalangan ponpes dengan Ganjar-Mahfud. Ponpes merasa ada orang-orang yang bisa dititipi aspirasi ke depannya nanti di pemerintahan.

"Selama ini pondok pesantren memiliki peran penting dalam pembangunan Republik ini," ujar dia.

Sementara itu, Gus Taqiq menambahkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan pasangan yang memiliki kedekatan dengan kalangan pondok pesantren. Sehingga pihaknya merasa harus mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden di Pilpres 2024.

"Terlebih putri dari guru besar kami, Gus Dur itu turut mendukung Pak Ganjar agar jadi presiden,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)