Pegiat Antikorupsi Dukung Acara Panggung Rakyat Bongkar

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:18 WIB
loading...
Pegiat Antikorupsi Dukung Acara Panggung Rakyat Bongkar
Pegiat antikorupsi Danang Widoyoko mendukung acara Panggung Rakyat Bongkar yang diselenggarakan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Sabtu (9/12/2023). Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Pegiat antikorupsi Danang Widoyoko mendukung acara Panggung Rakyat Bongkar yang diselenggarakan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Sabtu (9/12/2023). Acara yang digelar untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia dan Hari Antikorupsi itu dinilai sebagai respons masyarakat atas kemunduran demokrasi.

"Kita mundur pesat seiring dengan mengendurnya demokrasi kita. Akademisi, ilmuan sudah memperingatkan, baru hari ini kita rasakan sendiri,” kata Danang dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2023).

Danang lantas mencontohkan kasus kekiniaan yakni kebebasan berekspresi harus berbenturan dengan proses hukum. Ia menilai kebebasan demokrasi merupakan salah satu hak yang banyak memakan korban.

Dia menilai acara kolektif yang akan diisi oleh berbagai orasi dan penampilan seni pun akan membawa pendekatan tersendiri demi memulihkan demokrasi di Indonesia. Ia pun mewanti-wanti agar pemerintah tetap memegang tinggi hak asasi manusia. "Tanpa penghargaan terhadap HAM maka akan banyak korban,” tegasnya.

Dia pun berharap pemberantasan korupsi dan penegakan hak asasi manusia terus dilindungi di Indonesia. Keduanya, harus berjalan beriringan.

"Pesannya jelas, tanpa pemberantasan korupsi, HAM tidak mungkin diperoleh. Ini harus dijalankan beriringan, kita mendukung (acara Panggung Rakyat Bongkar)."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)