Perbandingan Kekuatan Tank Harimau vs Leopard 2, Mana Lebih Hebat?

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Pada penggunaannya, tank Harimau didesain untuk medan operasi tropis seperti hutan. Hal inilah yang membuat bobotnya lebih ringan dibanding jenis Main Battle Tank (MBT) seperti Leopard 2.

Beralih ke persenjataan, tank Harimau membawakan two-man turret kaliber 105mm. Kemudian, ada juga senapan mesin kaliber 7,62 mm serta smoke grenade yang menunjang kekuatan tempurnya.

2. Leopard 2

Perbandingan Kekuatan Tank Harimau vs Leopard 2, Mana Lebih Hebat?

Foto/Reuters

Sedikit berbeda dengan tank Harimau, Leopard 2 berjenis Main Battle Tank (MBT). Ditujukan sebagai penerus Leopard 1, kendaraan tempur ini dirancang oleh Krauss-Maffei Wegmann (KMW).

Leopard 2 memulai produksi sekitar tahun 1979. Mengutip laman Army Technology, tank ini memiliki bobot sekitar 62 ton atau hampir dua kali lipat berat tank Harimau.

Melihat performanya, Leopard memiliki kecepatan maksimum mencapai 72 km/jam. Sedangkan jangkauan maksimalnya hingga 500 km.

Mampu menampung 2 awak, Leopard 2 juga membawakan banyak fitur canggih. Salah satunya yang cukup menarik berupa sistem perlindungan anti-ranjau untuk keselamatan awaknya.

Pada bagian senjata, Leopard 2 dibekali meriam smoothbore dengan senapan L55 120mm. Senjata ini adalah hasil pengembangan Rheinmetall Waffe Munition untuk menggantikan smoothbore 120mm L44.

Kemudian, ada juga persenjataan lain yang digunakan untuk mendukung kekuatan tempurnya. Sebut saja seperti senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin anti-pesawat 7,62 mm.

Demikian ulasan mengenai perbandingan tank Harimau dengan Leopard 2. Terlepas dari perbedaan jenisnya sebagai tank tempur, masing-masing di antaranya memiliki karakteristik dan kemampuan menonjol yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)