Format Ideal Debat Pilpres 2024 Menurut Wapres: Capres dan Cawapres Sendiri

Rabu, 06 Desember 2023 - 12:49 WIB
loading...
Format Ideal Debat Pilpres 2024 Menurut Wapres: Capres dan Cawapres Sendiri
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan, debat di Pilpres 2024 selayaknya dengan format sendiri-sendiri, baik calon presiden (capres) maupun cawapres. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, debat di Pilpres 2024 selayaknya dengan format sendiri-sendiri, baik calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres).

"Capres saja sendiri, ada debat Cawapres sendiri. Saya kira itu," kata Wapres dalam keterangannya usai menghadiri acara di Bali, Rabu (6/12/2023).

Wapres pun mengatakan bahwa dengan adanya debat capres dan cawapres maka masyarakat akan bisa mengukur pemimpin Indonesia di masa depan.

"Tentu, debat bermanfaat sehingga masyarakat tahu kan, tahu bahwa menguasai masalah atau enggak, jadi tahu masalah," kata Wapres.



Lebih lanjut, Wapres juga merespons ketika ditanya mengenai materi debat capres-cawapres. Dia pun mengatakan hal itu merupakan keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Itu saya kira KPU lah yang menilai hal-hal yang memang menjadi konsen kita di dalam pembangunan ke depan itu seperti apa," pungkasnya.

Sebelumnya KPU mengubah format debat capres dan cawapres di Pilpres 2024. Namun, disayangkan tidak ada putaran debat secara terpisah yang khusus hanya dihadiri capres atau cawapres saja, seperti pada Pilpres 2019 lalu.

KPU memutuskan debat Pilpres 2024 kali ini akan diadakan sebanyak lima kali, yang terdiri dari tiga kali debat antar capres dan dua kali debat antar cawapres. Namun, semuanya itu akan dihadiri secara bersamaan oleh capres dan cawapres.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3005 seconds (0.1#10.140)