Pimpinan DPR Tunggu Nama Pengganti Setnov dari Fraksi Golkar

Selasa, 12 Desember 2017 - 11:40 WIB
Pimpinan DPR Tunggu Nama Pengganti Setnov dari Fraksi Golkar
Pimpinan DPR Tunggu Nama Pengganti Setnov dari Fraksi Golkar
A A A
JAKARTA - Pimpinan DPR menyerahkan sepenuhnya kepada internal Partai Golkar mengenai pergantian ketua DPR. Sebab, kursi ketua DPR merupakan jatah Fraksi Partai Golkar.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengakui bahwa perdebatan terkait kursi ketua DPR. Yakni, keputusan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) yang menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai ketua DPR ditolak sebagian besar anggota Fraksi Partai Golkar.

"Karena semuanya ini adalah kewenangan dari Fraksi Partai Golkar, kita kembalikan kepada Fraksi Partai Golkar untuk difinalisasi," ujar Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Sehingga, kata dia, nantinya hanya ada satu nama yang diusulkan Fraksi Partai Golkar untuk mengisi posisi Ketua DPR menggantikan Setnov. Dia berharap, setelah masa reses DPR, Fraksi Partai Golkar sudah menyepakati satu nama untuk menjabat ketua DPR.

"Tetapi karena sekarang sudah memasuki masa reses, sehingga masa nanti setelah masa reses nanti baru akan kemudian dilaksanakan," tuturnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto telah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Pria yang akrab disapa Setnov itu pun mengajukan pengunduran diri dari jabatan Ketua DPR.

Dia pun sempat menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai ketua DPR penggantinya. Namun, Aziz Syamsuddin batal dilantik dalam rapat paripurna DPR kemarin karena ditolak sebagian besar anggota Fraksi Partai Golkar.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5163 seconds (0.1#10.140)