Jenderal TNI Alumni Akmil 90-an Berkarier Cemerlang, Nomor 2 Baru Dilantik Jadi Panglima TNI

Rabu, 29 November 2023 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Agus Subiyanto kemudian dipercaya menjadi perisai hidup Presiden Jokowi dengan menjabat sebagai Danpaspampres 2020-2021. Selepas tugas di lingkaran Istana, Agus mendapat jabatan strategis menjadi Pangdam III/Siliwangi hingga Wakil KSAD.

Kariernya semakin mentereng, Agus Subiyanto selanjutnya diangkat menjadi KSAD. Jabatannya sebagai orang nomor satu di TNI AD tidak berlangsung lama, kurang dari sebulan Agus Subiyanto langsung ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI.

Selama meniti kariernya di militer, Agus Subiyanto pernah mengikuti Novelty Shot Exhibition. Dia keluar sebagai juara pada Novelty Shot Exhibition pada lomba khusus yang digelar pada pembukaan AARM ke-30 pada 2022 di National Military Training Center, Hanoi, Vietnam. Tidak hanya itu, dia juga pernah diterjunkan ke medan operasi saat Operasi Seroja, Operasi Damai Cartenz di Papua, dan Operasi Tinombala.

3. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon

Jenderal TNI Alumni Akmil 90-an Berkarier Cemerlang, Nomor 2 Baru Dilantik Jadi Panglima TNI

Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon merupakan Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang memiliki karier cukup cemerlang. Saat ini lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Sebelumnya, Richard Tampubolon menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad). Richard Tampubolon adalah tentara kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969. Richard berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sepanjang kariernya di militer, telah banyak torehan prestasi yang diraih Richard Tampubolon.

Mengawali karier militernya dari satuan Infanteri Korps Baret Merah. Selama mengabdi di TNI, Richard telah menduduki sejumlah jabatan strategis di antaranya, Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kaskogabwilhan I). Kasdam VI Mulawarman, Danrem 023/Kawal Samudera, Danrindam VI/Mulawarman.

Selain itu, Richard Tampubolon juga pernah menduduki jabatan penting di satuan elite TNI AD yakni, Pabandya Lid Sintel Makopassus, Danyon 11/Group 1 Kopassus, Wadangroup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus pada 2014, Dangroup 2 Kopassus, Dangroup 3 Kopassus hingga pecah bintang menjadi Wadanjen Kopassus pada 2017 lalu. Dari Kopassus, Richard dimutasi menjadi Kasdam VI/Mulawarman.

Bintang emas di pundaknya bertambah menjadi dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) setelah dipromosikan menjadi Kaskogabwilhan I. Tidak hanya itu, Richard juga diangkat menjadi Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI, sebuah pasukan khusus gabungan yang terdiri dari pasukan elite tiga matra yakni, Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Kopasgat TNI AU.

Kariernya semakin meningkat, Richard kemudian diangkat menjadi Pangdam XVI/Pattimura, kemudian Irjenad hingga akhirnya Pangkogabwilhan III hingga sekarang.

Tidak hanya itu, Richard juga kenyang dengan berbagai penugasan di medan operasi mulai operasi di Timor-Timor, operasi penanganan konflik sosial di Ambon, Maluku, hingga pembebasan sandera yang dilakukan Abu Sayaf pada 2016 silam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)