Jaga Integritas, Ketiga Capres dan Cawapres Teken Deklarasi Pemilu 2024

Senin, 27 November 2023 - 11:58 WIB
loading...
Jaga Integritas, Ketiga Capres dan Cawapres Teken Deklarasi Pemilu 2024
Bawaslu menggelar rapat koordinasi dengan ketiga pasangan capres dan cawapres 2024, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat koordinasi dengan ketiga pasangan capres dan cawapres 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). Di kegiatan ini, ketiga pasangan capres-cawapres serta seluruh partai politik tanda tangan deklarasi.

Hal ini, demi terciptanya Pemilu damai dan tidak ada kecurangan, seperti yang di khawatirkan masyarakat luas. Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan sebuah rangkaian koordinasi bersama peserta pemilu. Terkait adanya kekhawatiran publik, atas pemilu 2024 mendatang.

"Saya harap fungsi Bawaslu bisa membantu peserta Pemilu, kami tidak menginginkan adanya pelanggaran pasal 280, kami mengundang menghadapi rawanan bisa terjadi, maka Gakkamundu tindakan upaya hukum terakhir," ujar Rahmat Bagja



Selain mengantisipasi terjadinya kecurangan, Bagja menyebut, rapat koordinasi merupakan sesuatu perlu dilakukan. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya politik uang atau pun isu sara dimainkan pada masa kampanye.

"Kami berharap pasal-pasal berguna sebagai pedoman keseragaman perspektif mewakili seluruh tingkat keluarga dan desa menjaga komitmen sesuai ketentuan, agar tidak terjadi politik uang, SARA dan ujaran kebencian,"jelas Bagja.

Adanya persiapan matang, Bagja berharap agar ketiga pasangan capres dan cawapres, dapat bersinergi dan ikut membantu. Demi terselenggaranya Pemilu adil dan tidak adanya kecurangan.

"Dengan ini kami berharap dukungan tugas Bawaslu dengan bapak-bapak hadir disini, berharap agar Pemilu akan saling bersinergi seperti yang duduk di sini,"tutur Bagja.

Dalam acara Rakornas Sentra Gakkumdu, dihadiri Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Ketua KPU Hasyim Asyhari, Ketua DKPP, perwakilan Kejaksaan, perwakilan KY.

Terlihat dihadiri pula Peserta Pemilu 2024 tiga pasangan calon yakni Ganjar Pranowo- Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta petinggi partai politik.

Sebagai informasi, tahapan Pemilu akan segera memasuki masa kampanye yang akan dimulai pada Selasa 28 November 2023 besok hingga 75 hari ke depan atau 10 Februari 2023 mendatang.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9124 seconds (0.1#10.140)
pixels