alexametrics

Kapolri: Kisruh di Papua Masalah Ketimpangan Ekonomi

loading...
Kapolri: Kisruh di Papua Masalah Ketimpangan Ekonomi
Kapolri Tito Karnavian. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan, kisruh penyanderaan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua murni masalah ekonomi.

Tito menjelaskan, dirinya sangat memahami segala persoalan di Papua karena pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) setempat.

"Saya paham sekali masalah di Papua. Papua bukan masalah ras, pendekatan Papua adalah penedekatan ekonomi," ujarnya di Jakarta, Senin (20/11/2017).



Contoh permasalahan ekonomi tersebut dijelaskan Tito seperti pembangunan infrastruktur yang merata hingga penindakan kriminalitas agar tidak menimbulkan gejolak perekonomian.

"Seperti pemerataan infrastruktur tapi kalau ada peristiwa kejahatan harus pendekatan hukum seperti saat ini," kata dia.

Sebelumnya, tim gabungan TNI dan Polri hari ini akan kembali mengevakuasi ratusan warga Kampung Kimbely dan Banti Utikini, Mimika yang Jumat (17/11/2017) lalu telah dibebaskan dari penyanderaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) menuju Timika.

Ratusan warga ini mayoritas penduduk lokal yang sebelumnya menolak untuk dievakuasi. Ancaman dari KKB yang belum reda membuat aparat gabungan tak ingin mengambil risiko.

Guna mengantisipasi serangan lagi dari KKB, ratusan warga ini akan diangkut dengan bus khusus antipeluru. Jarak antara lokasi penjemputan ke Timika juga cukup jauh, yakni mencapai sekitar 70 mil atau 112 km.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak