Sail Teluk Cenderawasih 2023, Jokowi Harap Produk Papua Dikenal hingga Internasional

Kamis, 23 November 2023 - 08:27 WIB
loading...
Sail Teluk Cenderawasih 2023, Jokowi Harap Produk Papua Dikenal hingga Internasional
Presiden Jokowi menghadiri puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

"Saya sangat gembira sekali, saya sangat senang sekali pada pagi hari ini bisa hadir di tempat yang sangat indah ini," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/11/2023).

Jokowi mengatakan semua pihak harus menyadari dua pertiga Indonesia ini adalah air. Dirinya berharap acara Sail Teluk Cenderawasih dapat memperkenalkan potensi bahari yang dimiliki Indonesia. "Oleh sebab itu, di puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2023 ini akan memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim kita, potensi pariwisata kita, potensi sosial budaya kita," kata Jokowi.



Papua, kata Jokowi, menjadi beranda Indonesia di kawasan Pasifik yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Teluk Cenderawasih, katanya, merupakan kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia.

"Surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cenderawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global," jelasnya.



Dengan adanya Sail Teluk Cenderawasih, kata Jokowi, diharapkan juga dapat mendorong jumlah wisatawan, mendorong event kreator, serta mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua.

"Terakhir saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan bisa ditingkatkan kreativitasnya inovasinya dan juga keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM kita. Sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dari setelah event ini berakhir," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)