Percepat Pembangunan dan Investasi, Sail Teluk Cenderawasih 2023 Siap Digelar di Papua

Selasa, 21 November 2023 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Bupati Herry menjelaskan persiapan infrastruktur Biak Numfor yang telah dibangun Pemerintah Daerah dan Kementerian PUPR untuk menyukseskan puncak Sail Teluk Cendrawasih sudah 100 persen.

“Kami bersyukur dengan adanya STC beberapa infrastruktur seperti jalan maupun tribune utama semua sudah dibangun sebagai puncak Sail Teluk Cenderawasih,” katanya bupati.

Terpilihnya Kabupaten Biak Numfor, jadi tuan rumah Sail Teluk Cenderawasih karena lokasinya yang strategis untuk berhubungan dengan negara luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Filipina. Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Pulau Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik.

Kabupaten Biak Numfor memiliki letak geografis yang menjelaskan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, pariwisata, perikanan, dan penelitian ruang angkasa. Biak Numfor merupakan beranda Indonesia di kawasan Pasifik.

"Kenapa STC 2023 diadakan di Biak, karena lokasinya strategis dan berhubungan langsung dengan negara-negara di kawasan Pasifik. Dengan event ini kita menunjukkan kepada dunia bahwa perbatasan terluar yang diwakili Biak ini punya potensi bahari serta memperkokoh kedaulatan maritim Indonesia,” tutur Nurul Ichwan.

Nurul mengungkapkan nantinya TNI Angkatan Laut juga melakukan sailing pass dengan kekuatan armada angkatan laut di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta para tamu negara dalam puncak acara yang berlangsung 23 November 2023.

"Kehadiran Pemerintah dalam event ini menunjukkan perhatian terhadap daerah-daerah terluar kita. Karena di situlah kedaulatan negara kita harus ditegakkan sekaligus membangun kemakmuran bagi masyarakat,” tuturnya.

Terselenggaranya event ini diharapkan bisa wujudkan pembangunan infrastruktur yang baik, serta peningkatan-peningkatan SDM sehingga menciptakan citra yang positif di mata para investor tentang Biak Numfor. Maka nantinya investasi akan masuk dengan baik dan mampu menggejot perekonomian di Biak Numfor Papua.
(irh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)