KBRI Abu Dhabi Kembali Pulangkan 56 WNI Tidak Berdokumen

Sabtu, 18 November 2023 - 22:59 WIB
loading...
KBRI Abu Dhabi Kembali Pulangkan 56 WNI Tidak Berdokumen
Sebanyak 56 orang WNI undocumented yang terdiri atas 31 anak bayi dan balita bersama 25 ibunya, berhasil dipulangkan oleh KBRI Abu Dhabi ke Indonesia. Foto: Dok KBRI Abu Dhabi
A A A
JAKARTA - Sebanyak 56 orang Warga Negara Indonesia (WNI) tidak berdokumen (undocumented) yang terdiri atas 31 anak bayi dan balita bersama 25 ibunya, berhasil dipulangkan oleh KBRI Abu Dhabi ke Indonesia. Pemulangan puluhan WNI itu bekerjasama dengan Pemerintah UAE (Kemlu dan Otoritas Imigrasi Persatuan Emirat Arab/PEA).

Pemulangan WNI ini merupakan tahap kedua setelah sebelumnya tanggal 12 November 2023 dipulangkan 101 WNI undocumented yang terdiri atas 55 anak dan 46 ibunya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemulangan 230 orang anak dan ibunya pada tahun 2023 ini. Para WNI tersebut sebelumnya telah menjalani tes DNA yang dilakukan oleh Divisi Hubinter Polri pada Juni 2023, guna membuktikan bahwa anak yang dibawanya
adalah anak kandung sendiri.

Hal ini dilakukan mengingat perkawinan mereka tidak dicatatkan secara resmi dalam sistem administrasi kependudukan di PEA atau Indonesia, sehingga anak-anak tersebut akan kesulitan untuk memperoleh dokumen resmi yang dapat menyebabkan mereka terbatasi untuk mendapatkan hak-hak dasar mereka. Termasuk dalam hal mendapatkan pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak.


Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis, menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama semua pihak yang telah membantu hingga pemulangan ini dapat terwujud.

"Sejak awal proses pemulangan, KBRI Abu Dhabi telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Direktorat Pelindungan WNI Kemlu, Divisi Hubinter Mabes Polri, serta Pemerintah PEA melalui MOFA dan Otoritas Imigrasi yang membantu mengawal sehingga pemulangan ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Dubes Husin Bagis dalam keterangan, Sabtu (18/11/2023).

Lebih lanjut Dubes Husin Bagis menyebutkan bahwa KBRI Abu Dhabi akan terus mengawal pemulangan ini hingga selesai. Pihaknya memastikan seluruh ibu dan anak tersebut dapat dipulangkan ke Tanah Air agar seluruh hak-hak dasar mereka dapat dibantu dipenuhi oleh negara.

Puluhan WNI itu dipulangkan menggunakan penerbangan SriLankan Airlines dan akan tiba di Indonesia pada Minggu, 19 November 2023 pukul 13.35 WIB. Setibanya di Jakarta, para WNI akan ditangani oleh Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Dinas Sosial yang kemudian akan mengatur pemulangan ke daerah masing-masing.

KBRI Abu Dhabi juga memastikan para WNI dimaksud telah mematuhi aturan kepabeanan Indonesia dengan memfasilitasi pendaftaran imei telepon genggamnya melalui kerja sama dengan Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)