Ganjar-Mahfud Komitmen Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM Masa Lalu, Ini 12 Daftar Kasus yang Diakui Negara

Jum'at, 17 November 2023 - 19:26 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Komitmen Selesaikan Kasus Pelanggaran HAM Masa Lalu, Ini 12 Daftar Kasus yang Diakui Negara
Pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo - Mahfud MD , menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu. Janji ini menjadi bagian integral dari misi mereka jika berhasil memenangkan Pilpres 2024.

" Pelanggaran HAM Diselesaikan - Terus berkomitmen untuk menangani kasus-kasus pelanggaran HAM dengan keadilan. Utamanya pada kasus pelanggaran HAM yang menjadi beban peradaban bagi bangsa dan negara," mengutip dari laman resmi di visimisiganjarmahfud.id, Jumat (17/11/2023).

Meskipun pasangan ini tidak merinci konsep atau metode yang akan mereka terapkan untuk menangani kasus-kasus pelanggaran HAM, ahli dan aktivis 98 yakin bahwa Ganjar-Mahfud memiliki kapabilitas untuk menyelesaikannya.



Ketua Gerak 98, Mixil Mina Munir menyatakan, pihaknya telah memberikan mandat kepada Ganjar Pranowo untuk menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu.

"Kita menitipkan mandat salah satunya kepada Pak Ganjar adalah harus menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu." Tegas Mixil, dikutip, Jumat (17/11/2023).

Menurut Mixil, harapan ini mungkin terwujud karena Ganjar sebagai calon presiden tidak memiliki catatan hitam terkait pelanggaran HAM, demikian juga dengan pasangan cawapresnya, Mahfud MD.

"Kalau mas Ganjar dan pak Mahfud saya yakin dalam waktu cepat dia akan menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu. Saya kira sama-sama aktivis, berangkatnya dari aktivis," tambahnya.



Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi, menyoroti rekam jejak positif Mahfud dalam menangani kasus pelanggaran HAM selama menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)