Buru Aset Obligor, Masa Kerja Satgas BLBI Perlu Diperpanjang

Jum'at, 17 November 2023 - 06:10 WIB
loading...
Buru Aset Obligor, Masa Kerja Satgas BLBI Perlu Diperpanjang
Satgas BLBI berhasil menyita aset dan merampas kekayaan obligor serta debitur sebesar Rp34,6 triliun hingga Oktober 2023. Namun, capaian tersebut baru setara 31,38 persen dari total target pemerintah Rp110,45 triliun. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Satgas BLBI berhasil menyita aset dan merampas kekayaan obligor serta debitur sebesar Rp34,6 triliun hingga Oktober 2023. Namun, capaian tersebut baru setara 31,38 persen dari total target pemerintah Rp110,45 triliun.

Pengamat hukum dari Pusat Bantuan Hukum Masyarakat (PBHM) Ralian Jawalsen menilai kinerja Satgas BLBI cukup baik sejak dibentuk dua tahun silam. Namun begitu, dia mendorong Satgas lebih progresif lagi mengejar aset obligor

“Gas lagi, jangan ragu. Saya dukung masa kerja Satgas diperpanjang, minimal enam bulan lagi dengan capaian target 50 persen,” kata Ralian, Jumat (17/11/2023).



Saat ini Satgas BLBI mendapat momentum bagus karena semua lembaga negara mendukung.

Di legislatif, Pansus DPD Jilid II terus bekerja mengupayakan penyelesaian yang efektif sesuai kewenangan yang dimiliki. Sedangkan di lembaga yudikatif, Ketua Kamar TUN MA Hakim Agung Yulis secara gamblang menunjukkan keberpihakan pada negara dan Satgas.

“Hakim Yulius tak hanya bicara tapi dibuktikan melalui putusan kasasi yang objektif dan terukur,” ujarnya.

Dengan dukungan lembaga tersebut, Ralian optimistis capaian kerja Satgas ke depan lebih baik lagi. "Walaupun belum ada UU Perampasan Aset, dukungan MA itu memudahkan kerja Satgas,” tambahnya.

Catatan Putusan Yulius

Hakim Agung Yulius menegaskan komitmennya membantu pengembalian hak negara terkait dana BLBI. Dia juga mengingatkan lembaga pengadilan TUN agar tidak mencari-cari kesalahan Satgas BLBI yang digugat obligor atau debitur dalam menguji prosedur.

Keberpihakan Yulius pada negara juga tergambar dari putusan kasasi di mana dia bertindak sebagai Ketua Majelis. Tercatat, setidaknya tiga kali Yulius memenangkan Satgas serta mengandaskan gugatan obligor/debitur.

Terbaru Hakim Yulius memenangkan kasasi yang diajukan Satgas BLBI terkait dengan penyitaan aset milik Trijono Gondokusumo, obligor PT Bank Putra Surya Perkasa (BPSP). Putusan MA menganulir putusan PTUN Jakarta dan Pengadilan Tinggi (PT) TUN Jakarta yang mengabulkan gugatan obligor atas tindakan sita aset Satgas BLBI berupa sebidang tanah seluas 2.300 meter persegi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)