Wapres Harap Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 Meningkat

Rabu, 15 November 2023 - 14:29 WIB
loading...
Wapres Harap Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024 Meningkat
Wapres KH Ma’ruf Amin mengharapkan agar partisipasi pemilih di Pemilu 2024 meningkat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengharapkan agar partisipasi pemilih di Pemilu 2024 meningkat. Diketahui, pada 2019 tingkat partisipasi pemilih menyentuh angka 81,93%.

“Saya kira kalau soal partisipasi ya, kita harapkan ada peningkatan ya, dalam arti positif ya. Kesadaran untuk ikut berpartisipasi supaya hasil Pemilu itu lebih legitimate sehingga diikuti oleh jumlah yang besar ya. Kalau bisa memang lebih dari Pemilu 2019,” ungkap Wapres seusai menghadiri acara pembukaan Habibie Democracy Forum Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dengan meningkatkan partisipasi pemilih maka akan memberikan pengakuan bahwa pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan jujur, adil, bebas, dan rahasia. “Sebab itu akan memberikan pengaruh terhadap pengakuan dengan segala pelaksanaannya yang kita harapkan berjalan dengan jujur, adil, bebas dan rahasia, ini prinsip-prinsip itu berjalan dengan baik,” katanya.



Meski begitu, Wapres mengatakan belum ada hitungan pasti mengenai target untuk peningkatan partisipasi pemilih. Dia menekankan jangan sampai partisipasi pemilih menurun, yang berarti ada ketidakpercayaan dari masyarakat.

“Saya kira belum ada hitung-hitungannya, yang diharapkan itu justru melebihi partisipasi di 2019. Barangkali itu, mengenai berapanya jangan sampai justru menurun. Kalau menurun ini berarti ada ketidakpercayaan masyarakat. Itu perlu kita prihatinkan kalau sampai itu terjadi. Itu berarti ada keprihatinan kita, ada ketidakpercayaan masyarakat,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)