Jubir TPN Ganjar-Mahfud Bicara Transformasi Kesehatan Nasional

Senin, 13 November 2023 - 15:14 WIB
loading...
Jubir TPN Ganjar-Mahfud Bicara Transformasi Kesehatan Nasional
Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Sejumlah prioritas utama tercantum dalam visi misi calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo - Mahfud MD . Di antaranya melakukan percepatan pembangunan manusia Indonesia yang produktif, berkualitas dan merata, sehingga terwujud kekuatan produktif rakyat di seluruh Indonesia.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Haris Pertama mengatakan, transformasi pembangunan manusia Indonesia merupakan prioritas utama untuk mewujudkan keadilan sosial, dilaksanakan secara holistik yang meliputi aspek kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, dan sosial budaya.

"Kita akan melakukan transformasi kesehatan dan pendidikan untuk memberikan pelayanan berkualitas secara merata yang terjangkau oleh seluruh rakyat," kata Haris dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).



Upaya perlindungan sosial yang adaptif semakin diperkuat untuk memberikan bantuan sosial yang masih dibutuhkan oleh masyarakat berpendapatan rendah. Secara khusus, diperkuat dan dipercepat upaya penanggulangan kemiskinan, khususnya untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem.

"Kita akan menggalakkan penanganan dan perlindungan fakir miskin dan anak terlantar serta kelompok rentan lainnya oleh negara sesuai dengan amanat konstitusi. Kita juga akan menuntaskan pelaksanaan reforma agraria, sehingga distribusi lahan akan menjadi lebih adil. Rakyat kecil akan memiliki lahan dengan luas yang memadai disertai sertifikat kepemilikannya," kata Haris.

Terkait percepatan pembangunan manusia Indonesia untuk semua yang sehat jiwa dan raganya, dicapai melalui transformasi sistem kesehatan nasional yang andal dan prima dari aspek promotif, preventif, kuratif, hingga rehabilitatif.

Transformasi sistem kesehatan nasional mencakup; Pertama, membangun manusia Indonesia yang sehat jiwa dan raganya. Ini bisa dilakukan melalui pembangunan kesadaran sehat jiwa dan raga pada masing-masing manusia Indonesia.

Selain itu, penguatan pendidikan karakter di sekolah, keluarga, dan komunitas dalam rangka membentuk perilaku moral dan tanggung jawab sosial individu dan masyarakat disertai guru dan orang tua sebagai teladan.

Selanjutnya kedua, melaksanakan program-program preventif secara efektif. Hal ini bisa dilakukan dengan peningkatan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas serta sarana dan prasarana olahraga publik yang mumpuni, baik di perdesaan maupun perkotaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)