Komisi I DPR RI Resmi Bentuk Panja Netralitas TNI, Dipimpin Utut Adianto

Senin, 13 November 2023 - 14:36 WIB
loading...
Komisi I DPR RI Resmi Bentuk Panja Netralitas TNI, Dipimpin Utut Adianto
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyebut Komisi I resmi membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI. Panja itu dibentuk pada rapat internal komisi yang membidangi pertahanan pada 8 November 2023. Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR RI resmi membentuk Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI. Panja Netralitas TNI itu akan dipimpin politikus PDIP Utut Adianto .

"Sudah, sudah dibentuk kemarin rapat internal tanggal 8 November sudah dibentuk Panja-nya," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid saat ditemui seusai fit and proper test calon Panglima TNI, Senin (13/11/2023).

Bahkan, kata Meutya, pihaknya telah menunjuk Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto untuk memimpin Panja Netralitas TNI. "Beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota Komisi I," kata Meutya.

Kendati begitu, Meutya berkata, Panja Netralitas TNI tak hanya akan memantau netralitas TNI, melainkan seluruh mitra kerja Komisi I DPR RI.

"Tetapi untuk TNI karena memang kemarin banyak dari media yang mengangkat ini, jadi kita buatkan khusus (untuk Panja Netralitas TNI)," tutur Meutya.



Bahkan, kata politikus Partai Golkar ini, calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto telah siap atas pembentukan Panja Netralitas TNI.

"Dan insya Allah ini menepis kekhawatiran semua. Tadi beliau sudah menyatakan tegas tidak ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas dan Komisi I juga akan mengawal melalui Panja. Mudah-mudahan di situ teman-teman media juga sudah yakin dan confident. Insya Allah pemilu akan netral," tandasnya.

Jenderal Agus Subiyanto mengatakan TNI akan bersikap netral pada Pemilu 2024. "Saya sudah sampaikan kepada Komisi I bahwa kita TNI koridornya sudah jelas bahwa netralitas TNI harga mati," tutur Agus saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)