Mutasi TNI, Letjen TNI Arif Rahman Diangkat Jadi Wakasad

Jum'at, 10 November 2023 - 23:08 WIB
loading...
Mutasi TNI, Letjen TNI Arif Rahman Diangkat Jadi Wakasad
Letjen TNI Arif Rahman diangkat menjadi Wakasad. Hal ini tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1286/XI/2023. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Letjen TNI Arif Rahman diangkat menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( Wakasad ). Hal ini tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nomor Kep/1286/XI/2023.

Dalam surat salinan Keputusan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tertanggal 9 November 2023 itu, total terdapat sebanyak 105 anggota TNI dari berbagai pangkat yang mengalami mutasi.



Salah satunya ada nama Letjen TNI Arif Rahman yang kini menjabat Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklat TNI-AD).



Letjen TNI Arif Rahman akan mengisi jabatan Wakasad yang kosong sejak ditinggal Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dianggat menjadi KASAD.

Jenderal Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD pada Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun pada November 2023.



Agus Subiyanto sempat mengungkap sosok penggantinya menjadi orang nomor 2 di TNI AD. Menurut Agus, jabatan itu harus diduduki oleh prajurit TNI yang mumpuni, seperti Pangdam atau prajurit berpangkat bintang tiga.

Dari sekian banyak Pangdam atau Jenderal Bintang 3 TNI AD, Presiden Jokowi akhirnya menyetujui Letjen TNI Arif Rahman yang akan mengisi posisi Wakasad.

"(Prosesnya) di intern kita dulu AD, kemudian ada pra-wanjakti, dibikin oleh Kasum biasanya. Kemudian setelah ada beberapa nama, baru dilaporkan ke Panglima TNI, Panglima TNI baru diusulkan ke presiden. Mekanismenya seperti itu," kata Agus.

Selain Wakasad, Panglima TNI juga merotasi Wakil Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dalam salinan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian Dari Dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI itu, di urutan pertama ada nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menjabat Koorsahli Kepala Staf TNI Angkatan Darat kini ditunjuk menjadi Wakil Kepala BIN
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)