2 KSAD yang Naik Jabatan Jadi Panglima TNI di Era Presiden Jokowi

Kamis, 09 November 2023 - 17:10 WIB
loading...
2 KSAD yang Naik Jabatan Jadi Panglima TNI di Era Presiden Jokowi
Ada dua Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang naik jabatan menjadi Panglima TNI di era Presiden Jokowi. Salah satunya Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada empat Panglima TNI yang pernah dilantik di era pemerintahan Presiden Jokowi . Dua di antaranya diketahui pernah menjadi Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ).

Pada era pemerintahan Presiden Jokowi cukup banyak terjadi pergantian Panglima TNI. Pergantian jabatan tersebut bisa terjadi lantaran usia dari masing-masing Panglima mendekati purna tugas.

Panglima yang pernah terpilih adalah prajurit yang berpengalaman dan banyak berjasa pada negara. Salah satu pengalaman yang bisa menjadi acuan adalah menjadi KSAD.

Berikut dua KSAD yang naik jabatan menjadi Panglima TNI pada era Presiden Jokowi.

KSAD yang Naik Jabatan Jadi Panglima TNI di Era Presiden Jokowi


1. Jenderal Gatot Nurmantyo

2 KSAD yang Naik Jabatan Jadi Panglima TNI di Era Presiden Jokowi


Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menempuh pendidikan militer di Akademi Militer tahun 1982 dan berpengalaman di kecabangan infanteri baret hijau Kostrad. Ia pernah terlibat dalam operasi Seroja di Timor Leste pada tahun 1983-1984.



Jenderal kelahiran Tegal Jawa Tengah ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ke-30 sejak 25 Juli 2014, menggantikan Jenderal Budiman. Kemudian ia menjadi Panglima TNI ke-19 pada 8 Juli 2015, menggantikan Jenderal Moeldoko yang memasuki masa purna bakti.

Terpilihnya Gatot sebagai Panglima tentu banyak sekali pertimbangannya. Salah satu di antaranya adalah pengalaman jabatan strategis yang pernah diembannya selama aktif di militer.

Sejumlah jabatan strategis militer yang pernah diemban oleh pria berumur 63 tahun ini di antaranya seperti Panglima Kodam V/Brawijaya (2011), Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (2013), Panglima Komando Cabang Strategis Angkatan Darat (2014) dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2015)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)