Kisah Hidup Taufiq Kiemas akan Diangkat ke Layar Lebar

Rabu, 11 Oktober 2017 - 16:43 WIB
Kisah Hidup Taufiq Kiemas akan Diangkat ke Layar Lebar
Kisah Hidup Taufiq Kiemas akan Diangkat ke Layar Lebar
A A A
JAKARTA - Kisah hidup mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas akan diangkat ke layar lebar oleh Rumah Produksi Max Pictures.

Alasannya, sosok Kiemas dinilai bisa menjadi teladan bagi generasi muda. "Kami menilai sosok dan perjuangan Pak Taufiq sangat layak difilmkan. Generasi muda pantas meneladani beliau," kata Ody Mulya Hidayat, Produser Eksekutif Max Picture saat berziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Ziarah dilakukan dalam rangka persiapan produksi film tentang sosok Taufiq Kiemas. Adapun hadir ikut berziarah, antara lain penggagas film, yakni Muhammad Yamin dan Imran Hasibuan, Ketua Fraksi PDI di MPR Ahmad Basarah, Mulya Jaya Sahid (kerabat Taufiq Kiemas) Marwah Diah (sahabat Taufiq Kiemas), Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai.

"Film ini dibuat untuk mengenang dan meneladani masa-masa hidup almarhum yang turut berjasa untuk kemajuan bangsa ini," kata M Yamin yang juga Ketua Seknas Jokowi.

Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah menilai pembuatan film tersebut sangat baik untuk mengangkat pesan moral dari perjuangan suami Megawati Soekarnoputri itu semasa hidup.

“Ini akan dijadikan referensi bagi para tokoh politik bagaimana menyatukan semua tanpa harus terbebani atau terhalangi oleh sekat suku, agama, etnis, dan lain-lain,” ujar Basarah.

Menurut M Yamin, semasa hidupnya Taufiq memberitahu kepada banyak orang bahwa menjadi seorang Pancasilais hendaknya dapat menjadi saudara sebangsa.

“Saat ini semangat itu perlu ada bagi perjalanan bangsa Indonesia selanjutnya,” ucapnya.

Yamin menambahkan, Kiemas adalah tokoh negarawan humanis yang berpolitik dengan santun, dan mengajarkan bagaimana politik dengan kemanusiaan itu bisa menyelesaikan banyak hal.

Kisah Hidup Taufiq Kiemas akan Diangkat ke Layar Lebar


Penulis skenario Alim Sudio mengatakan, film Taufiq Kiemas ini akan mengangkat fase kehidupan mantan Ketua MPR itu waktu remaja sampai kemudian menikah dengan Megawati.

“Karena fase itu sebenarnya adalah inti dari bagaimana beliau menjadi tokoh nasional,” Alim menjelaskan.

Alim menambahkan, film ini bukan film politik, tapi film tentang personal kehidupan Taufiq Kiemas.

"Walaupun ada politiknya, tapi itu akan dijadikan sebagai backgroud saja. Kita harapkan orang yang nonton itu kenal lebih dekat Pak Taufiq,” katanya.

Sekadar informasi, film tentang Taufiq Kiemas masih dalam tahap produksi dan akan tayang perdana Mei 2018.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7998 seconds (0.1#10.140)