DPR Minta Motif Penyusupan Dua Tentara Amerika Serikat Diusut

Senin, 09 Oktober 2017 - 14:50 WIB
DPR Minta Motif Penyusupan Dua Tentara Amerika Serikat Diusut
DPR Minta Motif Penyusupan Dua Tentara Amerika Serikat Diusut
A A A
JAKARTA - Motif dua tentara Amerika Serikat (AS) yang diduga hendak melakukan penyusupan ke acara HUT TNI ke 72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, diusut. Pasalnya, kehadiran ZM dan BM di Cilegon itu disinyalir bukan sekadar ingin melihat alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI.

Anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi mengatakan, acara HUT TNI ke 72 itu diliput oleh banyak media massa. Tak jarang di antaranya melakukan siaran langsung dari lokasi acara.

"Enggak perlu dong pakai harus datang ke tempat itu, gitu lho maksud saya, kalau tujuannya untuk melihat Alutsista yang ada di TNI kita, kan enggak perlu datang ke Cilegon, terus lihat upacara HUT TNI," kata Arwani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Sehingga, dua tentara Amerika Serikat itu bisa menyaksikan Alutsista TNI dari media massa. "Atau mungkin pakai teknologi-teknologi yang lebih canggih dari itu," ujar Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di MPR ini.

Maka itu, dia menambahkan, yang dikhawatirkan dari kehadiran dua tentara Amerika Serikat itu bukan dalam rangka ingin memeriksa atau melihat secara detail Alutsista TNI. "Mungkin ada tujuan-tujuan lain yang lebih strategis dari sekedar tahu senjata kita seperti apa. Ini yang harus dicari," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kedua tentara Amerika Serikat itu datang ke Indonesia menggunakan visa on arrival pada 15 September 2017 yang lalu melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Mereka mengaku menginap di hotel Ritz Carlton, Jakarta.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6360 seconds (0.1#10.140)