Presiden Jokowi Sebut Pilpres 2024 Pertandingan Antaranggota Keluarga

Senin, 06 November 2023 - 23:11 WIB
loading...
Presiden Jokowi Sebut Pilpres 2024 Pertandingan Antaranggota Keluarga
Presiden Jokowi mengatakan, Pilpres 2024 merupakan pertandingan antaranggota keluarga, sesama anak bangsa untuk membangun NKRI, Senin (6/11/2023). Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pilpres 2024 merupakan pertandingan antaranggota keluarga, sesama anak bangsa untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini adalah pertandingan antaranggota keluarga sendiri, antar sesama anak bangsa, yang sama-sama ingin membangun Negara kita Indonesia," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada HUT ke-59 Partai Golkar, Senin (6/11/2023).

Jokowi mengatakan, memasuki tahun politik, dia ingin agar semua kontestan memiliki pandangan sama yakni demokrasi yang berkualitas, tidak memecah belah, bahkan saling memfitnah.

"Saat ini kita sudah memasuki tahun politik, tahun pemilu. Dan saya ingin kita semuanya memiliki pandangan yang sama, memiliki pandangan yang sama, bahwa dalam demokrasi yang namanya kompetisi politik itu biasa, itu wajar. Keinginan untuk menang itu juga boleh-boleh saja, itu juga wajar. Bertanding untuk menang itu juga hal yang sangat wajar," jelasnya.



"Tetapi yang harus tetap kita tunjukkan adalah demokrasi yang berkualitas, demokrasi yang tidak memecah belah, demokrasi yang tidak saling menjelekkan dan saling memfitnah, demokrasi yang ingin kita bangun adalah demokrasi yang membangun, yang menghasilkan solusi terhadap masalah-masalah bangsa yang menghasilkan strategi, strategi untuk kemajuan bangsa," tambah Jokowi.

Pasalnya kata Jokowi, akhir-akhir ini di dalam perpolitikan Indonesia akhir-akhir ini banyak drama. Dia juga mengatakan seperti drama korea (drakor), juga sinetron.

"Karena saya melihat akhir-akhir ini, yang kita lihat adalah terlalu banyak dramanya, terlalu banyak drakornya, terlalu banyak sinetronnya, sinetron yang kita lihat," ungkapnya.

"Mestinya kan pertarungan gagasan, mestinya pertarungan pertarungan ide, bukan pertarungan perasaan," sambungnya.

Jokowi juga meminta, agar para pemenang Pilpres tidak jumawa, sementara yang kalah untuk tidak murka. "Ingat, mulai dari sekarang yang kita pegang betul nanti jika menang jangan jumawa. Jika kalah juga jangan murka," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)