Bincang Mangrove Gema Persada LH, Walhi Sebut Dua Pulau di Sumsel Hilang

Minggu, 05 November 2023 - 11:06 WIB
loading...
Bincang Mangrove Gema Persada LH, Walhi Sebut Dua Pulau di Sumsel Hilang
Seminar ‘Mereka Yang Membicarakan Tentang Mangrove’ yang digagas Gema Persada LH Fakultas Pertanian Univ Muhammadiyah Palembang (FP-UMP), pada Sabtu (4/11/2023). Foto: Istimewa
A A A
PALEMBANG - Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi )Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkapkan, ada dua pulau di perairan Sumsel persisnya di Kabupaten Banyuasin hilang akibat perubahan iklimyang dipicu oleh kerusakan lingkungan.

baca juga: Wujudkan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Gubernur Sumsel dan Mahasiswa Pencinta Alam Tanam 1.000 Mangrove

Dua pulau yang hilang itu adalah Pulau Betet yang mana ketinggian tanah (elevasi) berada di angka -1 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) dan pulau Gundul dengan kondisi permukaan -3 MDPL. Keduanya tenggelam akibat kerusakan lingkungan.

“Hilangnya Pulau Gundul dan Pulau Betet karena naiknya permukaan air laut akibat krisis iklim yang dipicu oleh masifnya kerusakan lingkungan, sedangkan Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya menyuarakan FOLU Net Sink2030,”kata Kepala Divisi Kampanye WalhiSumselFebrian Putra Sopahdalam Seminar ‘Mereka Yang Membicarakan Tentang Mangrove’, di Aula Gedung KH Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang(UMP), pada Sabtu (4/11/2023).

Seminar ‘Mereka Yang Membicarakan Tentang Mangrove’ digagas Generasi Mahasiswa Persaudaraan Alam dan Lingkungan Hidup (Gema Persada LH) Fakultas Pertanian UMP. Seminar ini mengusung tema “Rawat Mangrove Sebagai Pahlawan Mitigasi Iklim Guna Mencapai FOLU Net Sink 2030”.

baca juga: Menteri LHK Siti Nurbaya Minta Target FOLU Net Sink 2030 Terealisasi

Seminar yang diikuti ratusan mahasiswa ini dibuka Wakil Rektor I UMP Prof Indawan Syahri. Acara juga dihadiri Rektor UMP Abid Djazuli, Wakil Dekan Fakultas Pertanian UMP, Ketua Umum Gema Persada LH FP UMP dan jajarannya, serta para civitas akademika UMP.

Menurut Febrian, hilangnya dua pulau akibat kerusakan alam, ini juga disebabkan lemahnya penegakan hukumsehingga semakin memicu alih fungsi hutan mangrovedi kawasan Sumsel. Agar pulau-pulau kecil di perairan Sumseltidak semakin hilang perlu adanya tindakan konkret upaya penyelamatan lingkungan secara terpadu dan konsisten.

“Bumi kita ini sudah mendidih, yang artinya saat ini kita sudah mengalami yang namanya krisis iklim dan faktor penyebabnya ialah penegakan hukum yang lemah, ketimpangan penguasaan lahan, dan kebijakan yang tidak pro dengan kelestarian lingkungan dan masyarakat,” kata Febrian.

Selain Febrian, seminar juga menghadirkan nara sumber Heri Amalindo(tokoh masyarakat Sumsel/penggiat lingkungan), Lulu Yuningsih(Akademisi/Ketua Program Pendidikan Kehutanan Fakultas Pertanian UMP), dan Ahmad Zamhari(Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)