Masuk DCT DPR Dapil Jatim I, Cak Rochim Ingin Bermanfaat bagi Orang Banyak

Sabtu, 04 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Masuk DCT DPR Dapil Jatim I, Cak Rochim Ingin Bermanfaat bagi Orang Banyak
Abdul Rochim, caleg muda dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang siap bersaing memperebutkan kursi DPR RI di Dapil Jatim I. Foto/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD se-Indonesia pada Sabtu (4/11/2023).

Di Dapil “Neraka” Jatim I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, ada sejumlah nama mentereng yang bakal bertarung. Selain beberapa caleg petahana (incumbent) seperti Syaikhul Islam, Bambang DH, dan Puti Guntur Soekarno, ada pula sejumlah caleg pendatang baru. Salah satunya Abdul Rochim, caleg muda dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang siap bersaing memperebutkan kursi DPR RI di Dapil Jatim I. Siapakah dia?



Abdul Rochim atau yang lebih akrab disapa Cak Rochim adalah kader muda Nahdlatul Ulama (NU). Sehari-hari, Cak Rochim bekerja sebagai Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI sekaligus Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid. Selain itu, Cak Rochim juga penulis naskah komunikasi publik Ketua Umum DPP PKB yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar (Gus Imin).

Cak Rochim merupakan Anggota Divisi Komunikasi dan Publikasi Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB dan Wakil Ketua DPC PKB Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dia juga tercatat sebagai Ketua Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangsel.

Caleg nomor urut 4 dari PKB ini sengaja memilih bertarung di Dapil Jatim I karena punya riwayat sejarah panjang di Kota Surabaya dan Sidoarjo. Sebelum masuk ke gelanggang politik praktis, Cak Rochim cukup lama berkarier sebagai jurnalis di media nasional Koran SINDO.

”16 tahun saya berkarier sebagai jurnalis. Sebelum bertugas di Jakarta, saya mengawali karier jurnalistik di Surabaya Post. Saya merasa punya ikatan hati yang kuat dengan warga Surabaya dan Sidoarjo makanya saya memilih bertarung di Dapil Jatim I,” ujar Cak Rochim.

Belasan tahun berkarier sebagai wartawan, Cak Rochim memiliki cukup banyak pengalaman. Dia cukup dekat dengan realita kehidupan masyarakat bawah karena bisa menyaksikan langsung penderitaan yang masih banyak dialami masyarakat di berbagai daerah.

Isu-isu politik, kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan berbagai persoalan sosial menjadi makanan sehari-hari. Profesinya sebagai wartawan menuntutnya untuk memiliki wawasan luas, effort kerja yang gigih dan tangguh, serta jaringan yang kuat.

Sebagai wartawan, Cak Rochim juga mendapatkan kesempatan melakukan tugas peliputan ke berbagai daerah dan luar negeri. Sejumlah negara pernah disinggahinya, baik dalam kapasistas sebagai jurnalis maupun Stafsus Wakil Ketua MPR. Antara lain, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Italia, Roma, Prancis, Spanyol, Maroko, Singapura, dan Malaysia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)