Surya: Tingkatkan Kompetensi Petugas agar Pelayanan Makin Berkualitas

Senin, 25 September 2017 - 23:59 WIB
Surya: Tingkatkan Kompetensi Petugas agar Pelayanan Makin Berkualitas
Surya: Tingkatkan Kompetensi Petugas agar Pelayanan Makin Berkualitas
A A A
LOMBOK - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty memberikan apresiasi kepada Tenaga Kesehatan Pelayanan KB saat membuka Workshop Standarisasi Peningkatan Kompetensi dan Pendidikan Pelayanan KB di Hotel Aruna Senggigi, Senin (25/09/2017). Workshop yang digelar saat Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sertifikasi Kompetensi tenaga kesehatan pelayanan KB di lini lapangan.

"Dengan peningkatan kompetensi dan pendidikan, diharapkan komitmen pelaksanaan pelayanan KB yang berkualitas serta diakui secara aspek legal bagi tenaga kesehatan Pelayanan KB dapat tercapai" ujar Surya.

Hari Kontrasepsi Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 26 September di Indonesia untuk meningkatkan komitmen dan dukungan stakeholder, provider dan mitra kerja untuk percepatan pencapaian Program KKBPK serta pentingnya kontrasepsi dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. Dalam mewujudkan Pembangunan manusia agar mampu meningkatkan kualitas hidupnya, BKKBN tidak dapat melakukannya sendiri, diperlukan pengembangan kemitraan dan sinergitas dengan berbagi pihak.

Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada 2007 dan 2012 menunjukkan program KB masih stagnan. Dilihat dari beberapa indikator capaian, antara lain pertama angka kelahiran total mengalami kenaikan dibandingkan hasil survei tahun sebelumnya, menjadi 2.4, kedua persentase pemakaian kontrasepsi modern mengalami penurunan menjadi 57.6%.

Ketiga persentase kebutuhan ber-KB yg tidak terpenuhi juga menunjukkan angka yg masih tinggi 17.5%. Sehingga BKKBN membutuhkan komitmen dan partisipasi aktif dari para pemangku kebijakan, Pemerintah daerah dan organisasi profesi.

Tersedianya tenaga provider yang kompeten sesuai dalam pelayanan KB di setiap fasilitas kesehatan akan sangat mendukung tercapainya pelayanan KB yg berkualitas. Namun, secara Nasional jumlah tenaga medis yang telah mendapatkan pelatihan teknis masih sangat sedikit.

Surya berharap kegiatan kali ini dapat dijadikan forum untuk berbagi pendapat dan ilmu pengetahuan guna peningkatan wawasan dan standar pelayanan serta kompetensi para peserta workshop untuk dapat mengoptimalkan penyelenggaraan Program KKBPK di seluruh Indonesia.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6149 seconds (0.1#10.140)