Ganjar-Mahfud Konsisten Gunakan Landasan Politik Bebas Aktif, Ini Sejarah, Fungsi, dan Maknanya

Kamis, 02 November 2023 - 00:33 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Konsisten Gunakan Landasan Politik Bebas Aktif, Ini Sejarah, Fungsi, dan Maknanya
Pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam dokumen visi-misinya mencantumkan bahwa politik bebas aktif masih konsisten dipercaya dan menjadi landasan kebijakan luar negeri Indonesia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam dokumen visi-misinya mencantumkan bahwa politik bebas aktif masih konsisten dipercaya dan menjadi landasan kebijakan luar negeri Indonesia.

Melalui misi ke-8 yakni yang berbunyi untuk mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara, Ganjar-Mahfud ingin agar Indonesia bisa unggul dalam menjalankan politik luar negerinya. Bukan sekadar memenuhi partisipasi yang pasif sebagai negara di dunia.



Dalam forum internasional, politik luar negeri suatu negara menjadi salah satu bagian penting yang menjadi arah mata ingin negara dalam menanggapi berbagai isu internasional maupun sebagai arah kerja sama bilateral maupun luar negeri.

Ganjar-Mahfud sebenarnya sangat menekankan dan menguatkan politik luar negerinya ini untuk mewujudkan kekuatan dan potensial Indonesia sebagai negara maritim yang berdaulat. Sebagai pemilik rekor garis pantai terpanjang di dunia dan memiliki wilayah yang 70%-nya adalah maritim, maka politik bebas aktif sangat menentukan gerak dan kedaulautan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Politik bebas aktif dapat menjawab berbagai tantangan atau tekanan dari isu internasional yang terjadi terutama yang memengaruhi stabilitas geopolitik Indonesia. Misalnya, Konflik Laut China Selatan dan Palestina.

Keduanya ini adalah isu yang bersentuhan langsung dengan kebijakan luar negeri Indonesia. Konflik LCS yang bisa berpengaruh pada kedaulatan dan keamanan maritim Indonesia, sedangkan isu Palestina yang sejak dahulu sudah didukung oleh Indonesia agar negara tersebut bisa merdeka dari tekanan invasi Israel. Di sini, politik bebas aktif yang tidak berpihak pada blok manapun bisa menjawab permasalahannya.

Terkait dengan politik bebas aktif yang memang sudah dari masa ke masa digagas oleh tiap periode pemerintahan seperti di mulai pada Presiden Soekarno. Bagaimana sejarahnya Indonesia bisa menerapkan politik luar negeri beserta fungsi dan maknanya? Simak penjelasannya yang telah kami rangkum.

Politik Luar Negeri Bebas Aktif sebagai Koeksistensi Kebijakan Ganjar-Mahfud: Sejarah, Fungsi, dan Makna

Sejarah politik luar negeri Indonesia yang masih akan digunakan dalam kebijakan Ganjar-Mahfud nantinya, telah membentuk kebijakan yang mendasari hubungan internasional negara ini. Sejak era kemerdekaan, politik luar negeri Indonesia telah dijiwai oleh Pancasila, menjadi landasan utama dalam mengatur hubungan dengan negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)