Bacaleg Perindo Laksamana Madya TNI (Purn) Desi Albert Ajak Generasi Z Majukan Wisata Bahari

Rabu, 01 November 2023 - 18:08 WIB
loading...
Bacaleg Perindo Laksamana Madya TNI (Purn) Desi Albert Ajak Generasi Z Majukan Wisata Bahari
Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta III Partai Perindo Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Desi Albert Mamahit mengajak masyarakat Generasi Milenial dan Zilenial berkontribusi mengembangkan wisata bahari. Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Bacaleg DPR RI Dapil DKI Jakarta III Partai Persatuan Indonesia (Perindo ) Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Desi Albert Mamahit mengajak masyarakat, khususnya Generasi Milenial dan Zilenial untuk ikut berkontribusi mengembangkan sektor wisata bahari di Indonesia. Hal tersebut demi mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Barangkali ini yang bisa dimanfaatkan anak muda, dipromosikan. Bikin video-video pendek. Itu bisa menjadi bagian dari mempromosikan wisata bahari di Indonesia," kata Desi Albert dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Rabu (1/11/2023).

Terlebih saat ini, pemerintah Indonesia sudah relatif peduli dalam meningkatkan keamanan dan pertahanan maritim atau kelautan di Indonesia. "Jadi sekarang relatif aman lah. Dan sekarang pekerjaan rumah kita bagaimana menggarap potensi lautnya," ucapnya.



Meski demikian, Desi Albert menegaskan, sektor maritim juga harus menjadi perhatian oleh calon pemimpin Indonesia ke depan. Hal tersebut demi mewujudkan visi Indonesia yang menjadi Poros Maritim Dunia sesuai dengan amanat Peraturan Presiden (Perpres) No 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia.

"Di situ secara tegas menyatakan Indonesia harus menjadi Poros Maritim Dunia, ini visi Indonesia untuk menjadi negara maritim yang berdaulat, kuat, maju, dan mandiri serta berkontrubusi positif kepada pertahanan, keamanan, dan perdamaian dunia termasuk kawasan sesuai kepentingan Indonesia," ucap dia.



Mantan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) ini menambahkan, hal tersebut sangat bisa dicapai mengingat letak geografis Indonesia yang sangat strategis di antara dua benua. Apalagi 2/3 wilayah Indonesia merupakan perairan. Ini menjadi peluang bagi Indonesia dalam memanfaatkan potensi kelautan yang dimiliki.

"Banyak perhitungan dari peneliti dari LIPI Kementerian Kemaritiman juga dikatakan kurang lebih per tahunnya potensi kelautan Indonesia Rp2.000 triliun," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)