Ini Alasan Jokowi Usulkan Jenderal TNI Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Rabu, 01 November 2023 - 10:54 WIB
loading...
Ini Alasan Jokowi Usulkan Jenderal TNI Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI
Presiden Jokowi menjelaskan alasannya mengusulkan nama KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan alasannya mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI. Agus akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Menurut Jokowi, Agus memiliki jam terbang dalam teritorial, administrasi dan akademis yang mumpuni sebagai calon Panglima TNI.

"Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Ya, pertama kan beliau juga wa-KASAD, kemudian menjadi KSAD. Jadi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, kemudian di adminstratif, akademis semuanya memenuhi semuanya," kata Jokowi di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Terkait pengganti Agus pada posisi KSAD, Jokowi meminta semua pihak untuk bersabar. Dirinya akan menunggu persetujuan DPR mengenai pencalonan Panglima TNI terlebih dahulu. "Ya belum. Satu-satu. Ini kan memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dulu. Baru setelah ada persetujuan, baru kita berpikir KSAD yang baru," kata Jokowi.



Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan pengganti calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudi Margono. Hal itu disampaikan Puan seusai melakukan sidang parpurna Ke-8 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 pada Selasa, 31 Oktober 2023.

"Dan pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan saat jumpa pers di Gedung Nusantara III DPR RI.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)