Soal KRI Bima Suci, Kapal Latih Sangat Dibutuhkan TNI AL

Kamis, 14 September 2017 - 04:51 WIB
Soal KRI Bima Suci, Kapal Latih Sangat Dibutuhkan TNI AL
Soal KRI Bima Suci, Kapal Latih Sangat Dibutuhkan TNI AL
A A A
JAKARTA - Menanggapi hadirnya kapal latih milik TNI AU Bima Suci pengganti Kapal Dewa Ruci, Anggota Komisi I DPR Asril Tanjung mengapresiasi hal tersebut, lantaran kapal latih sangat dibutuhkan untuk TNI Angkatan Laut.

Diakui Asril, kapal yang ada sekarang jumlahnya jauh dari ideal. "Negara dengan kepulauan yang banyak, secara ideal belum cukup, dengan kader yang banyak saat ini, seharusnya kapal latih minimal sekitar lebih dari 20-30 unit," ucapnya di Gedung DPR, kemarin.

Menurutnya, adanya kapal latih pengganti itu penting karena untuk pelatihan taruna akademi angkatan laut. Pada tingkat angkatan tertentu, akan diadakan pelatihan pelayaran seperti keliling dunia.

"Kapal itu juga melatih taruna kita memasuki suatu negara, kode apa yang dinaikkan jika mau memasuki kawasan tertentu," tutur politikus Partai Gerindra ini.

"Kadang kapal itu juga membawa dan menyiarkan kesenian dan budaya negara kita, agar orang asing tahu apa yang dibawa ini berasal dari Indonesia," imbuhnya.

(Baca juga: KRI Bima Suci Siap Berlayar Perdana dari Spanyol Menuju Indonesia)

Dia mengharapkan, agar Pemerintah lebih memperhatikan masalah alutsista TNI yang masih dibawah standar minimum. Asril mengatakan, komisi I DPR mendukung penuh pembaruan alutsista dengan membuka kran anggaran yang lebih untuk TNI kita.

"Sesuai dengan perkembangan keuangan negara, posisi alutsista kita baru menuju yang minimum belum yang ideal. Kita mendukung penuh pengembangan itu," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4294 seconds (0.1#10.140)