Komisi I DPR Gelar Rapat Bahas Surpres Calon Panglima TNI Hari Ini

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:13 WIB
loading...
Komisi I DPR Gelar Rapat Bahas Surpres Calon Panglima TNI Hari Ini
Komisi I DPR akan menggelar rapat guna menindaklanjuti Surat Presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI pada hari ini, Selasa (31/10/2023). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR akan menggelar rapat guna menindaklanjuti Surat Presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI pada hari ini, Selasa (31/10/2023). Hal itu dikonfirmasi oleh Anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi.

Arwani mengatakan rapat itu digelar guna membahas hal teknis proses seleksi calon Panglima TNI yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hanya saja, ia tak menjelaskan lebih detail lagi terkait rapat tersebut.



"Ya (Surpres calon Panglima TNI) segera ditindaklanjuti. Besok (hari ini) ada agenda rapat internal Komisi I, akan dibahas teknisnya," ujar Arwani saat dihubungi, Senin (30/10/2023).

Untuk diketahui, Komisi I DPR mengaku telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dikonfirmasi perihal informasi tentang Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang mengantarkan Surpres siang ini.

"Betul (sudah dikirimkan Surpres Calon Panglima)," ujar Meutya saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (30/10/2023).

Sementara itu, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono kemungkinan akan dilakukan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin saat ditanya soal kapan Komisi I DPR akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut dengan menggelar fit and proper test.



"Paling tidak, mungkin minggu depan ya," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Senin (30/10/2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)