Fakta Menarik Letnan TNI Teguh Muji Angkasa yang Hobi Motor Trail

Selasa, 31 Oktober 2023 - 04:54 WIB
loading...
Fakta Menarik Letnan TNI Teguh Muji Angkasa yang Hobi Motor Trail
Fakta-fakta menarik tentang Letnan Jenderal (Letnan) TNI Teguh Muji Angkasa diulas dalam artikel ini. Foto/Instagram Kodim 0418 Palembang
A A A
JAKARTA - Fakta-fakta menarik tentang Letnan Jenderal (Letnan) TNI Teguh Muji Angkasa diulas dalam artikel ini. Jenderal Bintang 3 TNI Angkatan Darat (AD) ini menjabat sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) sejak 3 September 2022.

Dia diangkat menjadi Danpusterad berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tertanggal 29 Juli 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 11 Juni 1967 itu menggantikan Letjen Teguh Arief Indratmoko yang dimutasi menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI. Berikut fakta menarik Letnan TNI Teguh Muji Angkasa:

Fakta Menarik Letnan TNI Teguh Muji Angkasa yang Hobi Motor Trail




1. Lulusan Akmil 1989


Dia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 berasal dari kecabangan infanteri (Kopassus). Selain Akmil, Teguh mengikuti sejumlah pendidikan militer lainnya seperti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri (Sesarcabif), Komando, Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) I.

Kemudian, Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) II, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad), dan Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia atau (Sesko TNI).



2. Jabat 3 Posisi Penting dalam setahun


Karier militernya diawali dengan menjabat sebagai kepala penerangan Kopassus pada 2010-2011 saat berpangkat Letnan Kolonel. Setelah itu menjadi Asisten Intelijen Danjen Kopassus pada 2011-2013 saat berpangkat Kolonel.

Jabatan lain yang pernah diembannya ketika masih berpangkat Kolonel adalah Asisten Intelijen Kasdam V/Brawijaya (2013-2014), Perwira Bantuan I/Ren Spamad (2014-2015), dan Perwira Bantuan VI/Minitel Spamad (2015-2016).

Lalu, dia dimutasi menjadi Wakil Komandan Kopassus. Jabatan orang nomor dua di Korps Baret Merah itu diembannya pada 2016-2017 saat berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.



Jabatan penting lainnya yang pernah dipercayakan kepada Teguh saat menjadi Jenderal Bintang 1 TNI AD ini adalah Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti (2017-2018), Kasdam IV/Diponegoro (2018-2020), dan Perwira Staf Ahli Tingkat II KSAD bidang Was Eropa dan Amerika (2020).

Bintang emas di pundaknya bertambah satu atau menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI saat menjabat sebagai Perwira Staf Ahli Tingkat III KSAD bidang Politik Keamanan Nasional pada kurun 2020-2021. Dia juga pernah menjadi Dosen Universitas Pertahanan pada 2021 saat berpangkat Jenderal Bintang 2 TNI AD.

Selanjutnya, dia dirotasi menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan. Serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis 9 Desember 2021.



Jabatan Danjen Kopassus tak lama dipegang Teguh. Dia digeser menjadi Pangdam XVII/Cenderawasih pada akhir Januari 2022 menggantikan Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Sertijab yang dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) saat itu Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin 31 Januari 2022. Hanya tujuh bulan di Bumi Cenderawasih, Teguh dirotasi menjadi Danpusterad hingga saat ini.

Berkat promosi jabatan ini, tanda bintang di pundaknya bertambah satu atau menjadi jenderal TNI bintang 3 (Letjen TNI). "Jadilah aparat teritorial yang profesional dan adaptif serta dicintai dan mencintai rakyat. Do the best dan tetap semangat!!" tulis Teguh Muji dalam pesan dan kesan saat kunjungan kerja di Markas Kodim 0410 Kota Bandar Lampung pada 30 Agustus 2023.

3. Hobi Motor Trail


Teguh hobi mengendarai motor trail saat melaksanakan tugasnya. Misalnya saat menjabat Danrem 161/Wira Sakti, dia menggunakan sepeda motor trail KLX/CRF ketika acara bakti sosial (baksos) “Jelajah Tapal Batas Mengabdi pada Negeri” di Desa Naekake A, Kecamatan Mutis, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (2/9/2018).

Dilansir dari laman resmi TNI, Teguh saat mendatangi lokasi menggunakan sepeda motor trail, disambut secara adat di desa tersebut oleh salah satu tua adat Timotius Fallo, juga unsur Pemerintah Daerah (Pemda) TTU. Teguh mengatakan bahwa baksos berupa pengobatan massal dan pembagian paket Sembako kepada warga Desa Naekake A itu bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Selain itu, tujuan kegiatan ini untuk merasakan langsung kesulitan air dan listrik yang dialami masyarakat daerah Amfoang, yang berbatasan dengan Distrik Oeccuse RDTL (Republik Demokratik Timor Leste),” kata Teguh yang saat itu masih berpangkat Brigjen TNI.

Saat menjabat Danpusterad, Teguh juga mengendari motor trail sendiri ketika mengecek proyek Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (3/8/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2539 seconds (0.1#10.140)