AKI 2023, 2 Tokoh Terima Penghargaan Satyalancana Kebudayaan

Senin, 30 Oktober 2023 - 16:18 WIB
loading...
A A A
Hilmar Farid menjelaskan upaya para pelestari budaya adalah inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia agar dapat ikut andil dalam merawat harmoni untuk pemajuan kebudayaan.

"Mereka yang menjaga, merawat harmoni, serta melestarikan budaya adalah sosok-sosok panutan bagi masyarakat Indonesia karena idealismenya untuk mempertahankan warisan leluhur untuk kepentingan generasi bangsa di masa depan," ucap Hilmar.

Dia mengatakan, konsistensi dan komitmen pelestari budaya menghadirkan gambaran otentik tentang dimensi kebudayaan Indonesia yang mengandung nilai kebaikan sosial, religi, norma, dan kearifan lokal.

"Kepedulian untuk mencintai kebudayaan amat dibutuhkan bangsa ini sehingga nilai-nilai baik tersebut terus hidup dan mengakar dalam kehidupan masyarakat. Langkah tersebut telah ditunjukkan para penerima penghargaan AKI 2023," katanya.

Selain perhelatan malam puncak acara pemberian AKI 2023, berlangsung juga penyerahan rekomendasi Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2023 kepada Mendikbudristek. Kegiatan malam puncak pemberian AKI 2023 juga diisi dengan penampilan musisi dan komunitas budaya. Mereka membawakan lagu-lagu daerah yang diarasemen secara modern serta atraksi seni budaya lokal.

Sejumlah nama musisi yang memeriahkan malam puncak AKI 2023 seperti Novia Bachmid yang diiringi oleh Rianto selaku komposer. Kemudian ada pula atraksi tarian daerah yang dikoreografi oleh Hartati atau akrab dikenal Uni Tati.

Selain Novia Bachmid, musisi terkenal lainnya yang turut meramaikan malam puncak pemberian AKI Tahun 2023 adalah Andien. Dalam penampilannya, Andien akan diiringi oleh para penari Team RoRo di bawah asuhan Ronald Soe.

Aksi pertunjukkan komunitas musik tradisi dari Tanah Batak, Sumatera Utara, yaitu Eta Margondang juga tidak ketinggalan memukau para tamu malam puncak AKI Tahun 2023. Eta Margondang terbentuk tahun 2021 dengan konsep memadukan musik tradisi dari empat puak sekitar Danau Toba, yakni Karo, Toba, Simalungun, dan Pak-pak.

Dalam menunjukkan aksinya, Eta Margondang akan berkolaborasi bersama musisi Novia Bachmid, Andien, dan Ipang. Eta Margondang membawakan lagu-lagu khas Tanah Batak, antara lain Sik Sik Sibatumanikam.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)