BPKH Siap Biayai Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 23:09 WIB
loading...
BPKH Siap Biayai Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024
Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah menyatakan kesiapannya membiayai penyelenggaraan ibadah haji pada 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyatakan kesiapannya untuk membiayai penyelenggaraan ibadah haji 2024M/1445H. Diketahui tahun depan Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221.000 jemaah.

Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota 20.000 sehingga jumlah jemaah haji yang akan berangkat tahun depan sebanyak 241.000 jemaah.

Walaupun begitu, Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah optimistis pihaknya dapat membiayai ratusan ribu jemaah yang akan berangkat haji ke Tanah Suci tahun depan.



"Jadi kalau kita bicara kuota tambahan yang diekspektasikan diberikan tahun 2024 pada prinsipnya secara keuangan BPKH siap untuk bisa membiayai penyelenggaraan ibadah haji tersebut,"kata Fadlul seusai Konferensi Haji Internasional ke-5 dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Jumat, (27/10/2023).

Adapun sejumlah hal yang telah dilakukan BPKH yakni mengoptimalkan dana jemaah haji dengan investasi secara langsung di Arab Saudi. Di mana pihaknya telah membentuk anak perusahaan dengan nama Syarikah BPKH Limited beberapa waktu lalu.



Nantinya BPKH Limited akan berinvestasi untuk mendukung ekosistem haji. Mulai dari hotel, katering untuk haji dan umrah, fasilitas akomodasi, mengelola turis, jasa layanan apartemen, dan lainnya.

Tujuan investasi ini untuk mendapatkan nilai manfaat dan/atau efisiensi biaya haji, mengendalikan biaya haji menjadi lebih efisien serta menggandeng aparat penegak hukum untuk melakukan pendampingan BPKH Limited dalam berinvestasi. Serta menjadi langkah tepat mendapat manfaat sekaligus memastikan pemenuhan fasilitas haji.

"Mudah-mudahan melalui cara direct investment ini bisa membuat BPKH lebih lincah ke depannya dalam rangka melakukan investasi di ekosistem haji dan umrah,"ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)