BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Sepekan ke Depan

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 08:24 WIB
loading...
BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Sepekan ke Depan
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Indonesia sepekan ke depan mulai 27 Oktober hingga 2 November 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Indonesia sepekan ke depan mulai 27 Oktober hingga 2 November 2023. Sejumlah wilayah di Indonesia terpantau akan diguyur hujan .

BMKG melaporkan saat ini aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator diprakirakan aktif di wilayah Maluku, Papua Barat, dan Papua dalam sepekan ke depan. Kemudian, gelombang atmosfer Kelvin juga terpantau berada di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.



“Sehingga, faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut,” ujar BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (27/10/2023).

Sementara itu, sirkulasi siklonik terpantau di Teluk Thailand dan Laut China Selatan yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi atau konfluensi) memanjang di pesisir barat Aceh, Aceh, Sumatera Utara, hingga Selat Malaka, dan dari pesisir barat Kalimantan Barat, Kalimantan Barat, hingga Sarawak Sabah.

Lebih lanjut, daerah pertemuan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Bengkulu, Sumatera Barat hingga Riau bagian utara, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat bagian selatan, di Sulawesi Tengah hingga Selat Makassar, dan di Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

BMKG mengatakan faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan. Pada sepekan ke depan sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Papua.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan,” imbau BMKG.

Berikut ini wilayah Indonesia yang berpotensi hujan sepekan ke depan per 27 Oktober hingga 2 November 2023:

27-28 Oktober 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Papua.

29-30 Oktober 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Papua.



31 Oktober-2 November 2023: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)