PPP Sebut Dana Abadi Pesantren Prabowo-Gibran Bukan Program Baru

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 08:05 WIB
loading...
PPP Sebut Dana Abadi Pesantren Prabowo-Gibran Bukan Program Baru
Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi mengatakan rancangan Dana Abadi Pesantren yang dilontarkan oleh pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bukanlah program baru. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi mengatakan rancangan Dana Abadi Pesantren yang dilontarkan oleh pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bukanlah program baru.

Dia menjelaskan program itu telah berjalan sebagaiamana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. PP ini merupakan aturan pelaksana dari UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.



"Bahwa Dana Abadi Pesantren bukanlah program baru melainkan merupakan program pemerintah yang sudah berjalan," terang Awiek dalam keterangan resmi yang dikutip, Jumat (27/10/2023).

Awiek melanjutkan lahirnya UU Pesantren itu merupakan usulan dari Fraksi PPP yang semula bernama RUU Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Bahkan, kata Awiek, Fraksi PPP terus mendukung RUU tersebut dan kemudian mendorong pemerintah untuk merealisasikan dana abadi pesantren dengan menerbitkan PP 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Sementara pada tahun 2023, kata Awiek, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp250 miliar untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pesantren. "Dana ini tersedia melalui skema Dana Abadi Pesantren yang bersumber dari Dana Abadi Pendidikan," ucap Awiek.

Dari jumlah itu, lanjutnya, dana sebesar Rp80 miliar akan dialokasikan untuk 1.000 santri penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Program itu merupakan bentuk kerja sama Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Tahun ini APBN sudah mengalokasikan Rp250 miliar yang diambilkan dari Dana Abadi Pendidikan. Untuk tahun depan 2024 sudah dimasukkan dalam UU APBN akan meningkat Rp2 triliun diambil dari tambahan Dana Abadi Pendidikan Rp15 triliun," paparnya.

Sekadar informasi, Program Dana Abadi Pesantren sebagai program unggulan paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Program itu, disampaikan Gibran saat penandatanganan deklarasi dukungan delapan ketua umum partai di Indonesia Arena, GBK, Rabu (25/10/2023).



"Mohon izin ya Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan, pertama Dana Abadi Pesantren," kata Gibran sambil mengangkat spanduk program tersebut.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)