Program Dana Abadi Pesantren Gibran Dinilai Tidak Original

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:57 WIB
loading...
Program Dana Abadi Pesantren Gibran Dinilai Tidak Original
Cawapres Gibran Rakabuming Raka. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Aliansi Muslim Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Almijan) menyoroti Program Dana Abadi Pesantren yang disampaikan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka. Sebab, program tersebut telah berjalan dan ditetapkan dalam APBN sebagai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Koordinator Nasional Relawan Almijan Syukron Jamal menganggap janji program yang disampaikan Gibran itu hanya gimmick dan menjiplak. "Programnya tidak orisinil, jiplakan. Faktanya lagi program itu kan sudah ada dan sudah berjalan melalui berbagai bentuk skema," kata Syukron Jamal, Kamis (26/10/2023).

"Mungkin niatannya kan ingin menarik simpatik kalangan santri dan dunia pesantren tapi justru malah seperti menunjukan tidak paham dunia pesantren itu sendiri," katanya.

Syukron lantas memaparkan program pemberdayaan pesantren yang telah dilakukan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Antara lain Program Ekonomi Pesantren (Ekotren) yang telah digulirkan pada 2018. Ganjar bahkan sudah menjalankan program-program serupa untuk menyeejahterakan pesantren dan guru agama di Jateng.

"Program ini melibatkan santri untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren," paparnya.

Program nyata Ganjar menciptakan ekonomi pesantren di Jateng juga didukung dengan berbagai pelatihan. Lewat Dinas Koperasi Pemprov Jateng, santri mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usahanya. Tak sampai di situ, santri juga dibantu dengan pengurusan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikat halal, dan permodalan.

"Belum lagi dengan diterbitkannya Surat Keputusan Gubernur Nomor 450.1/1 tahun 2021 tentang Forum Ekonomi Pesantren. Sebanyak lebih dari 4.000 pesantren dan ratusan ribu santri di Jateng dapat dengan leluasa mengembangkan Tosaga bersama-sama, sehingga Ekotren terus berkembang," kata Sukron.

Ekotren pun menjadi salah satu program yang berperan dalam meningkatkan perekonomian di Jateng. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan Jateng turun 0,32% poin. Dari sebelumnya penduduk miskin sebanyak 11,25% (September 2021) menjadi 10,93% (Maret 2022). Ini berarti, penduduk miskin di Jateng berkurang 102,57 ribu orang, dari 3,93 juta jiwa menjadi 3,83 juta jiwa.

Untuk diketahui, Program Dana Abadi Pesantren sebagai program unggulan bersama capres Prabowo Subianto disampaikan Gibran Rakabuming Raka saat saat penandatanganan deklarasi dukungan delapan ketua umum partai di Indonesia Arena, GBK, Rabu (25/10/2023).

"Mohon izin ya Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan, pertama Dana Abadi Pesantren," kata Gibran sambil mengangkat spanduk program tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)