Menag Apresiasi Tim Media Center Haji Bantu Jamaah

Sabtu, 02 September 2017 - 11:51 WIB
Menag Apresiasi Tim Media Center Haji Bantu Jamaah
Menag Apresiasi Tim Media Center Haji Bantu Jamaah
A A A
JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi semangat tim Media Center Haji (MCH) dalam ikut membantu jamaah yang membutuhkan bantuan saat pelaksanaan lontar jumrah aqabah di Mina.

Apresiasi ini disampaikan Menag seusai memantau kondisi jamaah haji Indonesia di Jamarat dan Mina. "Dalam perjalanan dari daker ke jamarat dan dari jamarat ke tenda jamaah di Mina, saya menyaksikan banyak teman media yang justru membantu jamaah yang kesulitan, khususnya jamaah lansia yang membutuhkan pertolongan," kata Menag di Mina, Jumat (1/9/2017), seperti dilansir di kemenag.go.id.

"Atas nama amirul hajj, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, tidak hanya kepada petugas kita tapi juga wartawan yang bertugas di MCH yang telah turun tangan langsung membantu jamaah kita yang membutuhkan pertolongan."

Menag mengatakan, puncak kelelahan jamaah secara keseluruhan memang terjadi di Mina. Sebab, sebelumnya stamina jamaah juga telah terkuras oleh berbagai prosesi manasik haji yang memuncak pada pelaksanaan wukuf di Arafah, pergerakan menuju Muzdalifah, dan sekarang di Mina.

Untuk meminimalisir risiko, Menag Lukman mengimbau jamah lanjut usia (lansia) dan yang memiliki risiko tinggi (risti) untuk tidak memaksakan diri melontar jumrah. Menurutnya, medan jamarat sangat berat, tidak hanya dari sisi jarak tapi juga kepadatan. Untuk itu, Menag minta jamaah lansia mewakilkan lontar jumrahnya kepada jamaah haji lainnya.

Menag mengaku sudah memberikan instruksi kepada Kasatop Armina agar menyosialisasikan hal ini. Di samping itu, Menag juga minta tim konsultan bimbingan ibadah untuk ikut menyampaikan. Sebab, sebagian jamaah ada yang merasa kalau tidak melontar jumrah secara langsung maka gugur hajinya. Padahal, bagi lansia dan punya kendala kesehatan, melontar jumrah bisa diwakilkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)