Kiai Cholil Nafis: Gerakan NII Lebih Berbahaya dari Perselisihan Jelang Pilpres

Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:19 WIB
loading...
Kiai Cholil Nafis: Gerakan NII Lebih Berbahaya dari Perselisihan Jelang Pilpres
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan gerakan NII yang masih ada saat ini lebih berbahaya dibanding perselisihan jelang pilpres. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mantan pengikut Negara Islam Indonesia (NII) berikrar setia NKRI di depan jajaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat dan Kabupaten Garut serta Wakil Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut. Ikrar setia NKRI disampaikan mereka dalam kegiatan Halaqah Dakwah yang digelar MUI Kabupaten Garut di Pendopo Kabupaten Garut, Kamis (26/10/2023).

Dalam kegiatan Halaqah Dakwah yang diseleggarakan MUI Kabupaten Garut di Pendopo Kabupaten Garut pada Kamis 26 Oktober 2023 dilakukan deklarasi eks NII kembali ke pangkuan NKRI. Mantan pengikut Negara Islam Indonesia (NII) berikrar setia NKRI di depan jajaran MUI Pusat dan Kabupaten Garut serta Wakil Bupati dan forkopinda Kabupaten Garut.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut memberi perhatian kepada masih maraknya gerakan NII di daerah tersebut. "Gerakan NII yang masih ada saat ini lebih berbahaya dibanding perselisihan jelang pilpres, sungguh pun ini juga tidak boleh terjadi," kata Kiai Cholil.



Menurutnya, setiap pembangkangan terhadap negara harus ditumpas ke akar-akarnya oleh pemerintah. "Rasulullah melakukan operasi militer kepada bani Nadzir di Madinah, bukan karena agama mereka Yahudi, tetapi karena mereka membangkang terhadap perjanjian madinah, tidak mau taat terhadap Negara Kesatuan Republik Madinah saat itu," kata Kiai Cholil.

Dia menegaskan bahwa kepentingan politik jangan memanfaatkam anasir-anasir yang membangkang terhadap NKRI. “Kalau mereka diberi hati karena kita butuh suara mereka, pascapemilu mereka akan menuntut jatah, dan mereka akan semakin besar dan semakin merongrong NKRI," tuturnya.

Karena itu, dia memberi apresiasi yang tinggi kepada MUI Kabupaten Garut di bawah kepemimpinan KH Sirojul Munir yang tidak henti-hentinya berdakwah mengajak mereka yang sudah masuk NII untuk kembali lagi ke pangkuan NKRI. "Tugas mengembalikan mereka ke NKRI merupakan tugas kita semua, lebih-lebih lembaga pemerintah, sehingga mereka akan semakin terkikis bukan semakin besar," jelasnya.

"Ayo semua bergandengan tangan mengembalikan mereka agar mereka tidak tersesat dalam agama, juga tidak menjadi korban pemerasan ekonomi, juga agar NKRI kita tidak terancam," sambungnya.

Dia menjelaskan kepada para peserta yang eks NII, bahwa ber-NKRI, ber-Pancasila tidak bertentangan dengan Islam. Kiai Cholil juga menegaskan bahwa NKRI merupakan hasil kesepakatan bersama (mitsaqan ghalizhan) dalam berbangsa dan bernegara.

Kemudian, ber-Pancasila merupakan jalan keluar sebagai kalimatun sawa (titik temu) untuk menyatukan bangsa ini. "Tidak ada pertentangan antara Pancasila dengan Islam, karena seluruh sila dalam Pancasila sesuai dengan Al-Qur'an dan al-Hadits,” tegasnya.

Karena itu, kiai Cholil menyerukan agar mereka yang masih menjadi bagian dari NII segera kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)