Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Geopolitik Indonesia, Ini Pengertian dan Fungsinya Bagi Negara

Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:25 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Akan Perkuat Geopolitik Indonesia, Ini Pengertian dan Fungsinya Bagi Negara
Capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen untuk memperkuat peran geopolitik Indonesia di mata dunia. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon (Paslon) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen untuk memperkuat peran geopolitik Indonesia. Ini tercermin dalam buku visi dan misi Ganjar-Mahfud, terutama dalam sub judul nomor 8.1.1 yang berjudul "Koeksistensi Geopolitik Progressif."

Mereka berkomitmen untuk menjalankan kebijakan politik luar negeri yang aktif dan independen, dengan prinsip-prinsip Dasasila Bandung, untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai pusat maritim dunia. Mereka juga ingin memperkuat partisipasi global Indonesia dalam forum bilateral dan multilateral untuk mempromosikan perdamaian dunia. Selain itu, mereka menegaskan komitmen mereka untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina.



Secara umum, dalam konteks visi dan misi pasangan Ganjar-Mahfud, geopolitik merujuk pada sistem politik dan kebijakan nasional yang didorong oleh letak geografis Indonesia. Mereka menunjukkan perhatian terhadap politik luar negeri yang proaktif dan upaya memajukan perdamaian serta kepentingan Indonesia di arena internasional.

Lalu sebenarnya, apa itu Geopolitik dan fungsinya bagi suatu negara?

Pengertian Geopolitik

Geopolitik pertama kali muncul sebagai istilah yang digunakan oleh para kalangan elite masyarakat Eropa untuk menggambarkan persaingan kepentingan antara berbagai entitas di Eropa dan dunia pada masa itu. Istilah ini pada dasarnya membahas studi interaksi antar kelompok manusia dalam konteks kekuasaan, dengan mempertimbangkan aspek geografis yang memengaruhi dinamika tersebut.

Meskipun sejarah istilah ini terkait dengan Eropa, masyarakat Nusantara memiliki pandangan uniknya terhadap konsep ini. Hal ini diungkapkan dalam Serat Sasangka Jati pada 1932 di Surakarta, di mana R. Soenarto Martowardojo, dengan inspirasi ilahi (Suksma Sejati), menjelaskan interaksi unsur-unsur alam seperti api, air, angin, dan tanah di suatu wilayah memengaruhi karakter dan kondisi fisik penduduk yang tinggal di sana.

Itulah sebabnya karakter dan kondisi fisik masyarakat tersebut menjadi fokus utama dalam studi interaksi geopolitik di berbagai masyarakat dunia yang beragam, tetapi saat ini, dengan bantuan teknologi, semua masyarakat menjadi lebih terhubung. Oleh karena itu, kesadaran geopolitik menjadi sangat penting untuk menghindari potensi konflik akibat perbedaan karakter dan pemahaman antara entitas yang berinteraksi.

Secara keseluruhan, Geopolitik juga dapat diinterpretasikan sebagai sistem politik atau aturan yang mendasari kebijakan dan strategi nasional suatu negara berdasarkan letak geografisnya. Namun, seberapa penting pemahaman terhadap konsep Geopolitik bagi sebuah negara, terutama seperti Indonesia?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5071 seconds (0.1#10.140)