Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan, BLDF Luncurkan Serial Web Terbaru Pusaka

Kamis, 26 Oktober 2023 - 01:41 WIB
loading...
Edukasi Masyarakat Peduli Lingkungan, BLDF Luncurkan Serial Web Terbaru Pusaka
Peluncuran Serial Web Pusaka di kawasan Candi Sewu, Yogyakarta, Rabu (25/10/2023) malam. Foto: Dok BLDF
A A A
YOGYAKARTA - Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan berbasis digital Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) kembali meluncurkan konten bertemakan anak muda dan lingkungan . Kali ini BLDF meluncurkan produksi serial web keempat berjudul Pusaka sebagai wadah edukasi cinta lingkungan secara kreatif.

Peluncuran serial web Pusaka berlangsung di kawasan Candi Sewu, Yogyakarta, Rabu (25/10/2023) malam. Director Communications Djarum Foundation Mutiara Diah Asmara mengatakan, Pusaka merupakan serial web keempat konten bertemakan anak muda dan lingkungan.

Pihaknya kembali memproduksi konten edukasi lingkungan dalam bentuk medium film pendek atau serial, karena terbukti menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjangkau generasi muda.

"Ketika ide membuat konten serial diusulkan banyak yang bertanya apakah cerita lingkungan akan menarik bagi generasi muda. Namun pencapaian kami lewat tiga series web, telah memperoleh 12,5 juta penonton pada kanal YouTube. Ini membuat kami yakin bahwa konten edukasi lingkungan dalam bentuk medium film pendek atau serial menjadi salah satu cara menarik untuk menjangkau generasi muda," ujar Mutiara dalam sambutannya melalui video.

Mutiara menjelaskan, serial web Pusaka ingin menyampaikan pesan dan gagasan bahwa kelestarian lingkungan terwujud dari buah kesadaran manusia untuk bersama-sama menjaga alam, termasuk di dalamnya warisan sejarah bangsa.



Serial web Pusaka mengambil latar keindahan alam dan warisan sejarah Indonesia. Hal ini berjalan seringan dengan konsistensi Siap Darling dalam menyampaikan hal positif, inspiratif, serta kolaboratif dalam hal pelestarian lingkungan.

Oleh karena itu, tim produksi Pusaka mengambil latar keindahan alam Yogyakarta yang lekat dengan unsur warisan sejarah yang melegenda, yakni kawasan Candi Prambanan. "Kita semua tentu ingat kisah Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso membuatkan seribu candi dalam semalam, sayangnya menanam dan merawat pohon tidak bisa dilakukan semalam, kita harus melakukannya secara berkelanjutan," tandasnya.

Mutiara menambahkan, Siap Darling merupakan sebuah gerakan dan kanal komunikasi berbasis digital yang berupaya mengolah isu lingkungan dengan membawa tema persahabatan, petualangan, dan imajinasi melalui serial web ini.

Hingga September 2023 sudah lebih dari 2.300 anak muda yang terlibat di gerakan Siap Daring. Darling Squad itu tersebar di 203 kota/kabupaten, dan 295 kampus di seluruh Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)